Simak Cara Membedakan Bakso Daging Tikus, Babi, Sapi Bahkan Campuran Boraks dengan Bakso Daging Sapi

Simak Cara Membedakan Bakso Daging Tikus, Babi, Sapi Bahkan Campuran Boraks dengan Bakso Daging Sapi

Gaya Hidup | okezone | Rabu, 11 Mei 2022 - 05:01
share

BERIKUT cara membedakan bakso daging tikus, babi, sapi bahkan campuran boraks dengan bakso daging sapi yang jarang diketahui oleh orang yang tidak paham. Bakso merupakan makanan yang sering beredar dipinggir jalan alias makanan yang sering dijual oleh pedagang kaki lima maupun di rumah-rumah makan.

Kebanyakan orang menggunakan bahan daging sapi untuk pembuatan bakso. Namun ada juga tangantangan kotor yang mencoba berbagai cara demi meraih untung yang menggiurkan.

Hal ini dikarenakan banyak pemberitaan mengenai bakso daging sapi yang dicampur babi, tikus ataupun diganti dengan hewan yang tidak layak dikonsumsi manusia. Konsumen diharuskan waspada dengan mengenali ciri-ciri di antara keduanya.

Untuk membedakan bakso daging babi memiliki warna yang lebih terang, tepatnya keabuan, karena tergolong white meat. Sementara, bakso daging sapi cenderung berwarna daging lebih pekat karena termasuk red meat.

Diakuinya, pedagang bakso memakai daging babi hutan lantaran jauh lebih murah ketimbang daging babi ternak. Warna daging babi hutan juga menyerupai warna daging sapi.

Selain itu cara membedakan bakso daging tikus, babi, sapi bahkan campuran boraks dengan bakso daging sapi bisa dilihat dari serat dagingnya atau ketebalan daging maupun warnanya. Daging babi memiliki kadar lemak yang tinggi, meskipun lemaknya dipisahkan.

Alhasil, bakso yang sudah matang ketika dipegang akan sangat berminyak walaupun dicampur dengan daging sapi dengan komposisi lebih sedikit

Topik Menarik