Loading...
Loading…
Hati-hati! Makanan Pedas Bisa Bikin Maag Akut, Kata Dokter

Hati-hati! Makanan Pedas Bisa Bikin Maag Akut, Kata Dokter

Gaya Hidup | genpi.co | Rabu, 11 Mei 2022 - 02:05

GenPI.co - Makanan pedas memang menggoda selera dan bisa menambah nafsu makan. Namun, apakah kamu tahu makanan pedas bisa menyebabkan maag akut?

Tak jarang, tiap orang berlomba untuk mengonsumsi makanan dengan rasa pedas dalam jumlah banyak.

Meskipun makanan pedas banyak manfaatnya untuk kesehatan, tetapi perlu diperhatikan cita rasa ini juga punya dampak buruk untuk tubuh.

Dokter Umum Alni Magdalena menjelaskan, bahwa salah satu dampak buruk yang dapat terjadi karena terlalu banyak makan pedas adalah maag.

"Makanan pedas dapat secara langsung menyebabkan peradangan pada bagian tubuh, khususnya perut," jelas Alni kepada GenPI.co, Selasa (10/5).

Menurutnya, penderita maag harus menghindari makanan terlalu pedas atau membatasinya.

"Penyakit maag merupakan luka pada area sistem pencernaan yang dapat menyebabkan gangguan berupa perasaan nyeri hingga pendarahan," katanya.

Dia menjelaskan, gangguan tersebut bahkan bisa membentuk bisul pada lapisan pencernaan. Jika tidak segera mendapatkan penanganan.

"Bila sudah memiliki riwayat penyakit maag disarankan tidak mengonsumsi makanan pedas agar tidak memperburuk gejalanya," tuturnya.

Dalam hal ini, bukan berarti penerita maag tidak boleh sama sekali konsumsi makanan pedas. Namun, tidak secara berlebihan. (*)

Video heboh hari ini:

Original Source

Topik Menarik

{
{
{