Ciri-Ciri Payudara Sehat dan Cara Merawatnya

Ciri-Ciri Payudara Sehat dan Cara Merawatnya

Gaya Hidup | yesdok.com | Minggu, 8 Mei 2022 - 17:51
share

Mungkin banyak diantara Anda bertanya-tanya apakah payudara Anda sehat dan normal atau tidak. Mengetahui kesehatan payudara sangatlah penting, karena ada beberapa penyakit serius yang mengintai payudara. Tidak sedikit pula yang jarang menyadari kesehatan payudara sehingga telat mendapatkan penanganan saat mengalami masalah.

Bentuk dan ukuran payudara pada setiap wanita berbeda-beda. Namun meski begitu, pada umumnya payudara yang yang sehat dapat dilihat dari bentuk dan kondisi kulit payudara. Berikut ciri-ciri payudara sehat yang wajib diketahui:

Tidak ada benjolan abnormal

Payudara yang normal tidak memiliki benjolan apapun. Meski tidak selamanya benjolan di payudara wanita berbahaya. Namun, jika terdapat benjolan di payudara atau ketiak sebaiknya memeriksakan kondisi tersebut. Untuk mengetahui apakah benjolan tersebut tanda dari tumor atau kanker payudara.

Tidak nyeri terus menerus

Terkadang menjelang menstruasi, payudara bisa terasa nyeri dan hal tersebut adalah normal terjadi. Rasa nyeri pada payudara saat menstruasi umumnya akan menghilang dengan sendirinya setelah menstruasi selesai. Namun, harus diwaspadai jika nyeri pada payudara terjadi secara berkepanjangan atau terus menerus. Anda harus memeriksakan ke dokter untuk memastikan payudara dalam keadaan sehat.

Tidak mengeluarkan cairan

Payudara akan mengeluarkan cairan seperti susu Ketika Anda sedang menyusui dan menekannya. Tetapi saat Anda tidak menyusui, seharusnya payudara yang sehat tidak mengeluarkan cairan apapun. Perhatikan pula warna cairan yang keluar dari payudara apakah berwarna kecoklatan, merah berdarah atau jernih karena menentukan kesehatan payudara Anda.

Tidak ada perubahan warna dan tekstur kulit

Dari waktu ke waktu, payudara dapat berubah dari bentuk, ukuran hingga warna. Apalagi jika Anda sedang hamil, maka perubahan pada payudara adalah hal yang normal untuk mempersiapkan proses menyusui. Perubahan payudara yang harus diwaspadai adalah jika warna payudara dan tekstur kulit mengalami perubahan diluar kondisi tersebut. Perubahan yang tidak normal pada payudara adalah kulit bersisik atau seperti kulit jeruk, kemerahan dan bentuknya tidak simetris.

Cara menjaga kesehatan payudara

Sebenarnya menjaga kesehatan payudara tidaklah sulit. Cukup dengan menjaga berat badan Anda tetap ideal, olahraga dengan teratur, mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan bergizi, mencukupi kebutuhan cairan dengan banyak minum air putih dan memenuhi kebutuhan vitamin D.

(Foto: tech explorist)

Topik Menarik