Saat Asam Urat Kumat, Segera Makan 4 Buah Sehat Ini

Saat Asam Urat Kumat, Segera Makan 4 Buah Sehat Ini

Gaya Hidup | genpi.co | Selasa, 10 Mei 2022 - 15:40
share

GenPI.co - Penyakit asam urat bisa menyerang siapa saja dengan pola hidup tidak sehat. Biasanya penyakit yang menyerang persendian ini ditandai dengan rasa nyeri berkepanjangan hingga kesulitan bergerak dan berjalan.

Selain istirahat yang cukup dan banyak minum air, rupanya penderita asam urat tak boleh sembarangan mengonsumsi makanan yang kadar purinnya tinggi.

Alih-alih mengonsumsi makanan tak sehat, di bawah ini ada 4 jenisbuah sehat yang harus dikonsumsi untuk meredakan asam urat. Simak 4 ulasannya seperti dilansir Hello Sehat.

1. Buah Ceri

Buah ceri mengandung antosianin, yaitu pigmen berwarna merah-ungu, yang bersifat antioksidan dan antiinflamasi.

Adapun kandungan tersebut telah terbukti dapat menurunkan kadar asam urat, meredakan nyeri sendi, serta mengurangi risiko terjadinya serangan asam urat berulang.

Efektivitasnya akan meningkat bila dikonsumsi bersamaan dengan obat asam urat allopurinol atau colchicine.

2. Buah Lemon

Buah selanjutnya yang baik untuk dikonsumsi dan dipercayai dapat berperan sebagai penurun asam urat adalah lemon, termasuk jus lemon.

Kandungan vitamin C dalam lemon dianggap dapat membantu meredakan nyeri serta mengurangi peradangan akibat asam urat yang tinggi.

Dilansir dari kutipanhellosehat,Arthritis Foundation, Tuhina Neogi, yang merupakan dosen kedokteran di Boston University School of Medicine menjelaskan bahwa vitamin C dapat membantu kerja ginjal lebih berguna dalam membasmi asam urat di darah.

3. Buah Pisang

Pisang juga dapat dijadikan buah pilihan untuk dikonsumsi penderita asam urat. Menurut dr. Tani Savitri, pisang mengandung kalium yang tinggi sehingga dapat mencegah pembentukan kristal asam urat di dalam tubuh manusia.

Tak hanya itu, jika kristal asam urat telah terbentuk, kalium dapat mencegah pengerasan kristal tersebut sehingga akan lebih mudah dikeluarkan oleh ginjal.

Bagi penderita asam urat, kamu dapat mengonsumsi satu atau dua buah pisang di setiap harinya agar dapat menurunkan asam urat.

4. Buah Kersen

Buah kersen atau yang disebut dengan nama lainJamaican cherrydipercayai menjadi salah satu makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita asam urat.

Sebuah penelitian yang dikutip dalamhellosehat, ada sebuah eksperimental tahun 2013 silam yang dilakukan pada mencit atau tikus kecil telah membuktikan manfaat buah kersen untuk mengatasi asam urat.

Dalam studi ini diketahui bahwa pemberian buah kersen dalam bentuk jus dapat berpengaruh menurunkan kadar asam urat dalam darah, meski secara fakta juga membuktikan bahwa penurunan ini tidak setajam menggunakan allopurinol.(*)

Lihat video seru ini:

Topik Menarik