Si Kecil Tunjukkan Gejala Hepatitis Misterius? Segera Lakukan 5 Langkah Ini Moms!

Si Kecil Tunjukkan Gejala Hepatitis Misterius? Segera Lakukan 5 Langkah Ini Moms!

Gaya Hidup | herstory | Selasa, 10 Mei 2022 - 14:00
share

Kasus hepatitis misterius sudah merebak di sejumlah negara, termasuk Indonesia. Para orang tua harus tahu apa saja gejala hepatitis untuk mendeteksi dini penyakit tersebut.

Menurut data dari Kementerian Kesehatan, gejala klinis hepatitis misterius ini, antara lain sakit perut, diare, mual dan muntah, nyeri di bagian perut, dan muncul masalah perut.

Melansir dari berbagai sumber (10/5/2022), jika anak menunjukkan gejala hepatitis misterius, segera lakukan lima langkah pertolongan pertama untuk meredakan gejala awal. Yuk, simak baik-baik, ya!

Beri paracetamol

Saat anak mengalami gejala demam, sebelum dibawa ke dokter sebaiknya berikan anak obat penurun demam, seperti paracetamol. Jadi, saat dibawa ke dokter, demamnya sedikit mereda.

Beri obat anti mual dan muntah

Sebaiknya berikan pertolongan pertama berupa obat anti mual dan muntah sesuai dengan dosis anak supaya kondisinya enggak semakin parah.

Beri obat diare

Beri anak obat anti diare, seperti oralit dan obat-obatan sederhana sesuai dosisnya. Moms jangan panik dan harus tetap sigap.

Beri air putih

Umumnya, gejala hepatitis ini ditandai dengan mual, muntah, dan diare, maka anak bisa kekurangan cairan. Berilah air putih yang cukup untuk anak supaya enggak dehidrasi.

Segera ke dokter

Jika semua gejala enggak mereda, segeralahh bawa ke dokter. Jangan tunggu ada gejala lanjutan, seperti sakit kuning hingga kesadaran menurun.

Nah, itulah beberapa langkah yang bisa Moms lakukan untuk meredakan gejala hepatitis yang muncul pada anak. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik