Cegah Penyebaran Hepatitis Misterius, Ketua MPR Desak Pemerintah Lakukan Ini

Cegah Penyebaran Hepatitis Misterius, Ketua MPR Desak Pemerintah Lakukan Ini

Gaya Hidup | indozone.id | Selasa, 10 Mei 2022 - 11:10
share

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendesak agar pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) segera melakukan penelitian terhadap hepatitis misterius.

Menurutnya hal ini penting untuk menekan virus atau suatu penyakit tertentu, sehingga tidak menyebar seperti COVID-19.

"Kementerian Kesehatan/Kemenkes, segera melakukan penelitian terhadap hepatitis misterius tersebut, dan mempelajari pola pengembangan dan penanganan untuk menekan virus atau suatu penyakit tertentu, berkaca dari pengalaman penyebaran virus corona beberapa waktu lalu," kata Bamsoet kepada wartawan, Selasa (10/5/2022).

Bamsoet juga meminta Kemenkes menyosialisasikan kepada masyarakat tanda-tanda penyakit tersebut. Masyarakat pun disarankan untuk melaporkan atau membawa anak mereka, khususnya yang berusia di bawah 11 tahun ke rumah sakit atau fasilitas kesehatan terdekat apabila ditemukan kasus dengan gejala dan tanda hepatitis misterius.

"Dalam hal ini Kemenkes, selain meningkatkan kewaspadaan dan penyelidikan, juga segera melakukan tindakan agar penyebaran hepatitis misterius tersebut tidak meluas dan menjadi wabah penyakit baru," ungkapnya.

Lebih lanjut, Bamsoet mengimbau kepada pemerintah untuk dapat segera melakukan komunikasi dengan Badan Kesehatan Dunia atau WHO. Langkah ini diperlukan agar pemerintah dapat mengetahui perkembangan terkait kasus hepatitis secara global.

"Berkoordinasi dengan Badan Kesehatan Dunia/WHO untuk terus mengupdate perkembangan hepatitis misterius tersebut, penyebab, dan penanganannya, dikarenakan sejumlah negara bahkan juga telah terjangkit hepatitis misterius tanpa sebab yang jelas," tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Topik Menarik