Rektor ITK Didemo Mahasiswanya, Buntut Tulisan Manusia Gurun

Rektor ITK Didemo Mahasiswanya, Buntut Tulisan Manusia Gurun

Gaya Hidup | genpi.co | Selasa, 10 Mei 2022 - 04:00
share

GenPI.co Kaltim - Rektor ITK atau Institut Teknologi Kalimantan Balikpapan Prof Budi Santosa Purwakartiko didesak mengundurkan diri dalam waktu 7 24 jam. Tuntutan itu disampaikan puluhan mahasiswa ITK yang melakukan demo, Senin (09/05/2022).

Puluhan mahasiswa ini menggelar unjuk rasa di depan gedung Aula Utama Kampus ITK Balikpapan.

Aksi ini merupakan buntut dari tulisan status di akun Facebook milik Rektor ITK Balikpapan Prof Budi Santosa.

Presiden KM ITK Yustiadi Sampe Manggoali mengatakan apa yang ditulis oleh rektor ITK dianggap mengandung unsur sara dan rasis.

Tulisan itu diunggah Prof Budi di status facebook yang menyinggung mengenai penutup kepala (hijab) dan manusia gurun.

Tulisan lain yang dipermasalahkan yaitu membahas perihal kalimat yang digunakan dalam ajaran Islam, seperti insyaallah, barakallah dan qadaraallah.

Mereka menuntung rektor ITKmeminta maaf dan mengklarifikasi maksud dari tulisan statusnya yang tersebar dan viral di ragam platform media sosial itu.

"Kami mahasiswa ITK tidak membenarkan semua hal yang berbau sara. Akibatnya kini semua penghuni ITK kena imbasnya," katanyadalam keterangan tertulis, Senin.

Para mahasiswa ini mengancam akan berusaha mencabut jabatan Prof Budi sesuai dengan peraturan yang berlaku, jika tuntutannya tidak dipenuhi.

Demo juga akan terus dilakukan hingga tuntutan mereka dipenuhi yaitu pengunduran diri dari rektor ITK,

"Selain itu kami juga akan terus melakukan aksi demo sampai beliau meminta maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia dan mahasiswa ITK," tegas Yustiadi.

Dia menjelaskan tuntutan ini karena tulisan status sang guru besar sangat berdampak bagi nama besar ITK. Meski sudah dijelaskan bahwa postingan itu atas nama pribadi.

"Tetapi efeknya sangat besar bagi nama besar ITK. Ini karena jabatan yang disandang dia, sehingga tetap membawa nama ITK," terangnya.(jpnn)

Video heboh hari ini:

Topik Menarik