Loading...
Loading…
Badan Kesehatan Inggris Teliti Hepatitis Misterius dengan Anjing, Ada Kaitannya?

Badan Kesehatan Inggris Teliti Hepatitis Misterius dengan Anjing, Ada Kaitannya?

Gaya Hidup | bisnis.com | Senin, 09 Mei 2022 - 17:12

Bisnis.com, SOLO - Penyelidikan kasus hepatitis misterius yang menyerang anak-anak terus berlanjut. Kini, Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) pun mengaitkan penyakit tersebut dengan hewan peliharaan, khususnya anjing.

UKHSA mencatat 70 persen dari 93 responden anak-anak yang terjangkit hepatitis akut misterius berasal dari keluarga yang memelihara anjing sebelum jatuh sakit.

"Pentingnya temuan ini sedang dieksplorasi," tulis laporan pejabat UKHSA, dikutip dari The Telegraph pada Senin (9/5/2022).

Sejauh ini, para pakar kesehatan menyebut bahwa adenovirus diduga menjadi penyebab hepatitis akut misterius setelah mengumpulkan beberapa sampel dari pasien.

Namun, sejatinya adenovirus jarang menyebabkan hepatitis pada anak-anak yang sebelumnya sehat, sehingga para peneliti mencari faktor penyebab potensial lainnya.

Di sisi lain, ada yang menyebut bahwa hepatitis ini bisa disebabkan dari infeksi Covid-19 atau perubahan genom adenovirus itu sendiri.

Sementara itu, Direktur klinis dan infeksi UKHSA Dr Meera Chand mengimbau orang tua untuk mewaspadai gejala hepatitis berupa penyakit kuning dan muntah.

Baca Juga :
Ilmuwan Investigasi Dugaan Penyebab Hepatitis Misterius dari Anjing

Spesialis Anak Konsultan Gastro Hepatologi RSCM FK Universitas Indonesia, dr. Hanifah Oswari menyapaikan, gejala awal penyakit hepatitis akut ini adalah mual, muntah, sakit perut, diare, kadang disertai demam ringan.

Selanjutnya, gejala akan makin berat seperti air kencing berwarna pekat seperti teh dan BAB berwarna putih pucat.

-----

Berita ini telah tayang di Hypeabis.id dengan judul " Badan Kesehatan Inggris Meneliti Kaitan Infeksi Hepatitis Misterius dengan Anjing "

Original Source

Topik Menarik