Covid-19 Tak Pernah Timbulkan Efek Samping Hepatitis Akut

Covid-19 Tak Pernah Timbulkan Efek Samping Hepatitis Akut

Gaya Hidup | okezone | Senin, 9 Mei 2022 - 14:59
share

MUNCULNYA penyakit misterius yakni hepatitis akut, sudah masuk di Indonesi. Penyakit ini sempat memicu adanya asumsi publik, jika Hepatitis akut ini ada keterkaitannya dengan vaksin Covid-19.

Mendengar isu tersebut, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) memberikan penegasan, bahwa tidak ada kaitannya vaksin Covid-19, dengan penyakit Hepatitis akut menyasar anak-anak saat ini.

terkena hepatitis akut

"Saat ini tidak bisa dikaitkan dengan vaksin Covid-19, karena sebagian besar penderita justru belum divaksin Covid-19. Karena kebanyakan anak usia di bawah enam tahun," kata Ketua Unit Kerja Koordinasi (UKK) Gastro-Hepatologi IDAI, Dr Muzal Kadim.

Selain itu, ada juga anggapan bahwa hepatitis akut merupakan efek lanjutan dari penderita Covid-19 belum bisa dibenarkan.

Dokter Muzal menerangkan, selama ini Covid-19 tidak pernah menimbulkan efek samping seperti hepatitis akut.

Menurutnya, adanya Hepatitis akut pada anak, kondisinya di tengah pandemi Covid-19. Hal tersebut menimbulkan adanya asumsi liar sehingga vaksinasi Covid-19 dikaitkan dengan sakit misterius ini.

"Kalau history dengan Covid-19, saat ini masih diduga berkaitan, tapi masih dugaan. Apakah itu suatu coincidence, bersamaan. Karena selama ini Covid-19 tidak pernah menimbulkan gejala seperti hepatitis akut ini," jelasnya.

Sebelumnya, hal tersebut juga disampaikan oleh Prof. Dr. dr. Hanifah Oswari, Sp. A, dokter Spesialis Anak Konsultan Gastro Hepatologi RSCM FK UI, sampai saat ini belum ada bukti yang menunjukkan adanya kaitan penyakit Hepatitis Akut yang belum diketahui penyebabnya dengan virus Covid-19.

Topik Menarik