4 Tips Dokter agar Anak Terhindar dari Infeksi Virus

4 Tips Dokter agar Anak Terhindar dari Infeksi Virus

Gaya Hidup | okezone | Senin, 9 Mei 2022 - 12:41
share

KASUS Hepatitis akut pada anak-anak membuat rasa khawatir semua orangtua. Dokter anak memberikan tips, agar anak tetap aktif bergerak terhindar dari infeksi virus tertentu.

Penularan Hepatitis akut pada anak ini, diduga menginfeksi melalui saluran pencernaan dan pernafasan. Infeksi sangat umum terjadi pada anak kecil, karena sering melakukan kontak dekat dengan anak lain, dan penyakit menular dapat menyebar dari orang ke orang.

"Jangan panik. Apapun infeksinya yang penting selalu melakukan pencegahannya, kata dr Nina Dwi Putri, SpA(K) dari Unit Kerja Koordinasi Infeksi Tropik Ika notan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

Berikut 4 tips anjuran bagi orangtua untuk mencegah dan mengendalikan infeksi pada anak dari virus, antara lain:

Vaksinasi

1. Melakukan vaksinasi/imunisasi

Imunisasi merupakan cara paling efektif melindungi anak-anak dari berbagai infeksi tertentu pada masa pertumbuhan. Selain itu, juga melindungi anak-anak terlalu muda untuk divaksinasi dan memiliki kondisi medis yang menghalangi untuk divaksinasi.

Lalu, imunisasi juga menghentikan penyebaran infeksi di masyarakat dengan memberikan kekebalan kelompok.

2. Pergi ke Rumah Sakit

Ketika anak kurang sehat, baik batuk pilek, diare, demam, belekan, ruam-ruam, dan lain. Walaupun ringan, hendaknya tinggal di rumah, kecuali perlu berobat ke dokter. Hal ini membantu mencegah penularan penyakit.

Selain itu anak-anak dapat beristirahat dengan baik sehingga, pemulihannya bisa lebih cepat. Perlu diingat bahwa infeksi menular beberapa hari, sebelum gejala muncul dan sesudah gejala hilang, perlu pastikan anak untuk beraktivitas kembali.

3. Menghindari Kerumunan

Bagi orang tua sangat perlu memperhatikan lingkungan anak bermain atau berinteraksi. Sebab tempat terlalu ramai dan sirkulasi yang buruk dapat memudahkan terjadinya penularan.

Sehingga kalau zaman dahulu, sering mendengar orangtua menyarankan supaya sebelum 40 hari anak, jangan dibawa keluar rumah. Mungkin ada benarnya juga, karena bayi baru lahir daya tahan tubuhnya belum terlalu sempurna. Sehingga jika dibawa ke keramaian seperti pasar dll, mudah sekali tertular penyakit.

4. Menjaga Kebersihan

Kebersihan adalah hal penting dalam menjaga kondisi anak tetap sehat atau terhindar dari infeksi virus tertentu. Salah satu cara sederhana untuk membantu mencegah penyebaran infeksi adalah mencuci/membersihkan tangan.

Cuci tangan Anda sebelum, setelah menggunakan kamar mandi, dan setelah menyentuh benda apa pun yang mungkin mengandung banyak kuman. Pastikan meminum air minum yang bersih dan matang.

Jauhi hewan liar. Hindari hewan peliharaan yang tidak sehat dan jangan lupa membersihkan kotak atau kaleng makanan sebelum membukanya, dll.

Topik Menarik