Penduduk di 5 Negara Ini Usianya Bisa sampai Ratusan Tahun, Ini Rahasianya!

Penduduk di 5 Negara Ini Usianya Bisa sampai Ratusan Tahun, Ini Rahasianya!

Gaya Hidup | indozone.id | Senin, 9 Mei 2022 - 12:30
share

Memiliki umur panjang dengan kondisi tubuh yang sehat merupakan impian banyak orang. Karena dengan begitu kita dapat berkumpul dengan saudara, teman atau berkeliling dunia untuk menambah daftar tempat yang sudah dikunjungi.

Dilansir Antara , menurut penelitian Dan Buettner, Blue Zones adalah area yang jadi rumah dari sebagian orang tua yang masih sehat di dunia.

Dikutip dari Travelandleisure , terdapat lima negara di dunia yang jadi lokasi bermukim orang-orang dengan usia 80-an bahkan melewati usia 100 tahun.

Nah, berikut ini lima negara tersebut!

Ikaria, Yunani

Ikaria di Yunani hanya ditempati kurang dari 10.000 penduduk, meski jumlahnya tidak terlalu banyak, penduduk di sana sehat-sehat. Hampir tidak ada yang menderita demensia atau penyakit kronis.

Satu dari tiga penduduknya hidup hingga usia 90-an. Menurut peneliti, budaya serta aktivitas fisik dan pola makanan mempengaruhi usia panjang mereka.

Okinawa, Jepang

Di Okinawa, Jepang juga ditempati oleh orang-orang sehat. Di mana tingkat kanker, penyakit jantung dan demensia di Okinawa sangat rendah dibandingkan di Amerika.

Konsumsi makanan sehat, seperti sayuran merupakan faktor yang membuat orang-orang di sana memiliki umur panjang. Selain itu, masyarakat di sana punya dedikasi kuat terhadap teman dan keluarga.

Mereka punya jejaring sosial bernama \'moai\', sekelompok teman yang mendukung orang-orang hingga memasuki usia senja. Orang-orang di sana juga punya tujuan hidup yang disebut \'ikigai\'

Sardinia, Italia

Sardinia adalah tempat pertama yang diidentifikasi Buettner pada 2004. Dikutip dari laman resmi Blue Zones, ada hubungan antara genetik dan umur panjang para penduduknya.

Gaya hidup di Sardinia membuat masyarakat sangat aktif. Mereka masih berburu, memancing ikan dan memanen sebagian besar makanannya sendiri. Selain menyantap makanan sehat, kebahagiaan juga enggak kalah penting.

Loma Linda, California

Menurut Blue Zones, masyarakat di sana hidup satu dekade lebih lama di atas rata-rata, karena kebiasaan diet vegetarian dan kecintaan terhadap olahraga.

Nicoya, Kosta Rika

Warga Kosta Rika punya prinsip \'pura vida\' alias hidup yang suci. Keinginan memiliki hidup bahagia setiap hari membuat orang-orang di sana memiliki umur panjang. Selain itu, mereka juga mengonsumsi makanan sehat serta memiliki hubungan keluarga yang kuat.

Artikel Menarik Lainnya:

Topik Menarik