Loading...
Loading…
5 Kota Terbesar di Indonesia, Jakarta Posisi Berapa?

5 Kota Terbesar di Indonesia, Jakarta Posisi Berapa?

Gaya Hidup | sindonews | Senin, 09 Mei 2022 - 06:45

JAKARTA - Ada lima kota terbesar di Indonesia . Di mana berdasarkan jumlah penduduknya, kota-kota ini dihuni oleh jutaan hingga puluhan juta masyarakat dengan berbagai fasilitas, dari rumah sakit, pusat perbelanjaan, tempat hiburan hingga institusi pendidikan.

Sebagai kota metropolitan, kota-kota ini berkembang cukup pesat dan memiliki gedung-gedung tinggi. Karena itu, tak heran jika kota ini menjadi daya tarik banyak orang untuk mencari pekerjaan sejak beberapa tahun lalu hingga sekarang.

Di sisi lain, Indonesia sendiri merupakan negara terbesar ke-14 di dunia berdasarkan luas daratan dan terbesar ke-4 berdasarkan jumlah penduduk. Lantas kota mana saja yang masuk dalam daftar kota terbesar di Indonesia?

Berikut daftarnya seperti dilansir dari Worldatlas, Senin (9/5/2022).

1. Jakarta

Jakarta adalah ibu kota Indonesia dan kota terpadat di negara ini dengan total populasi 10.075.310 pada sensus 2014. Jakarta adalah pusat budaya, politik, dan ekonomi negara. Seperenam dari PDB Indonesia dihasilkan oleh Jakarta. Kontributor utama perekonomian Jakarta adalah jasa keuangan, perdagangan, manufaktur, dan perbankan.

Baca Juga :
Tak Disangka, Ini Ternyata 5 Kota Terkotor di Indonesia Menurut Survey KLHK. Bukan Jakarta?

Pertumbuhan ekonomi Jakarta sudah lebih dari 6 persen sejak 2009. Namun, biaya hidup tetap tinggi di kota yang pasar propertinya makmur. Alasan utama pertumbuhan penduduk Jakarta sejak 1951 adalah karena daya tarik kesempatan kerja. Jakarta adalah rumah bagi Universitas Indonesia yang merupakan lembaga pendidikan tinggi tertua di Indonesia.

2. Surabaya

Surabaya adalah kota yang terletak di bagian timur laut pulau Jawa. Ini adalah ibu kota Jawa Timur dan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Kota ini memiliki populasi 2,8 juta menurut sensus yang dilakukan pada 2010. Surabaya memiliki pertumbuhan penduduk tahunan sekitar 1,2 persen.

Surabaya adalah salah satu pelabuhan tersibuk di Indonesia yang digunakan untuk mengekspor tembakau, kopi, dan gula. Surabaya merupakan pusat bisnis yang dipengaruhi oleh pertumbuhan industri. Kota ini juga merupakan rumah bagi berbagai institusi dan universitas seperti Politeknik Elektronika Institut Surabaya dan Universitas Airlangga.

3. Bandung

Bandung merupakan kota metropolitan terbesar kedua di Indonesia dengan jumlah penduduk 8.495.928 jiwa menurut statistik 2015. Kota ini menempati urutan ketiga sebagai kota terpadat di Indonesia. Kepadatan penduduk kota ini adalah 13.693/km persegi.

Baca Juga :
7 Negara dengan Penduduk Muslim Paling Banyak di Dunia. Indonesia Nomor Berapa?

Kontributor utama perekonomian Bandung adalah industri manufaktur, pariwisata, industri kreatif, bisnis, teknologi, dan jasa keuangan. Kota ini memiliki lebih dari 50 institusi pendidikan tinggi dan merupakan tujuan pendidikan utama di Indonesia.

4. Medan

Medan terletak di pesisir Pulau Sumatera dan merupakan ibu kota provinsi Sumatera Utara. Kota ini menempati urutan ketiga terbesar setelah Jakarta dan Surabaya. Medan memiliki populasi 2.097.610 jiwa dan oleh karena itu merupakan pemukiman terbesar yang ditemukan jauh dari pulau Jawa.

Dalam kategori kota terpadat ini menempati urutan keempat setelah Surabaya, Jakarta, dan Bandung. Kota ini memiliki kepadatan penduduk 8.339 per km persegi. Medan merupakan pusat ekonomi utama di Indonesia yang sebagian besar berasal dari karet, tembakau, teh, dan kopi. Kedekatannya dengan Singapura juga memainkan keuntungan ekonomi.

5. Semarang

Kota Semarang adalah ibu kota Provinsi Jawa Tengah yang berada di Pantai utara Pulau Jawa. Populasi kota ini adalah 1,8 juta dan mencakup area seluas 373,78 km persegi. Ini adalah kota terpadat kelima di negara ini. Kota ini merupakan pelabuhan pelayaran utama di Jawa Tengah dan memiliki industri manufaktur kecil yang memproduksi makanan olahan, furnitur, dan tekstil.

Semarang memiliki rata-rata pertumbuhan penduduk tahunan sebesar 0,37 persen dan pertumbuhan PDB sebesar 6 persen. Ada banyak sekolah yang menawarkan pendidikan dasar di Semarang dan 20 institusi pendidikan tinggi. Universitas terpopuler di Semarang adalah Universitas Soegijapranata dan Universitas Diponegoro.

Original Source

Topik Menarik

{
{
{