Loading...
Loading…
8 Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan Tubuh Anda, Apa Saja?

8 Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan Tubuh Anda, Apa Saja?

Gaya Hidup | genpi.co | Senin, 09 Mei 2022 - 02:40

GenPI.co Banten - Lengkuas adalah tanaman yang punya banyak manfaat. Selama ini banyak orang hanya berpikir rempah yang satu ini hanya untuk bumbu masakan.

Tanaman yang berasal dari Asia selatan ini merupakan akar dari tanaman Alpinia officinarum, sekerabat dengan jahe.

Lengkuas banyak memiliki manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh Anda. Lengkuas biasa dimanfaatkan sebagai bumbu masak untuk menghilangkan bau amis pada ayam dan daging.

Kandungan antioksidan dan zat fitokimia yang berguna pada tubuh juga ditemukan dalam lengkuas diantaranya beta-sitoserol, galangin, eodin, quercetin, dan polifenol.

Berikut adalah berbagai manfaat lengkuas untuk kesehatan tubuh: 1. Mengobati diare

Menurut sebuah penelitian pada tahun 2018, ekstrak lengkuas dengan konsentrasi tinggi dapat menghambat pertumbuhan bakteri E. Coli. Bakteri E. Coli merupakan penyebab utama terjadinya diare. 2. Mencegah infeksi

Rimpang lengkuas mampu mematikan bakteri Salmonella typhi dan Staphylococcus aureus yang sering menimbulkan infeksi di saluran pencernaan manusia.

Penambahan lengkuas juga dapat mengurangi resiko infeksi bakteri yang berasal dari kerang mentah. 3. Mengurangi risiko tumor dan kanker

Baca Juga :
Nggak Suka Ketan karena Lengket? Duh Aduh… Rugi Banget! Ini Manfaat Kesehatan yang Ada pada Ketan

Kandungan antoksidan dalam lengkuas salah satunya adalah galangin, menurut penelitian zat aktif ini bermanfaat untuk mematikan sel kanker.

Galangin sangat ampuh terutama untuk mematikan sel kanker usus besar. Penelitian sedang mengkaji potensi zat ini untuk melawan sel kanker kulit, hati, saluran empedu, hingga kanker payudara. 4. Meredakan peradangan dan nyeri

Lengkuas mengandung zat fitokimia yang memiliki potensi untuk mengatasi radang.

Selain itu keluarga rimpang ini mengandung zat galangal yang dapat membantu meredakan nyeri akibat peradangan misalnya radang sendi. Namun manfaat ini harus dikaji lebih lanjut. 5. Meringankan gejala asma

Gejala asma disebabkan oleh peradangan dan pembengkakan pada saluran napas. Oleh karena itu lengkuas dinilai dapat mengatasi asma karena lengkuas memiliki kandungan zat antiradang.

Tumbuhan ini juga memiliki efek antimaspodik sehingga mampu membantu melebarkan saluran bronkus pada paru-paru. 6. Meredakan batuk, sakit tenggorokan, dan suara serak

Akar lengkuas bersifat ekspektoran (pengencer dahak). Sifat anti radangnya juga dapat membantu meringankan gejala batuk dan sakit tenggorokan.

Baca Juga :
Waduh! Apakah Penderita Diabetes Boleh Minum Jamu Beras Kencur? Ternyata Oh Ternyata…

Di India, lengkuas digunakan untuk meredakan nyeri dada, suara serak, dan sakit tenggorokan. Caranya dengan mencampurkan lengkuas bubuk dengan air panas lalu meminumnya. 7. Membantu mengobati luka bakar

Kandungan zat antiradang pada lengkuas juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati luka bakar ringan.

Menggunakan bahan ini untuk obat luka bakar alami anda dapat menumbuk lengkuas dan mengoleskan pada kulit yang bermasalah.

Namun hentikan pemakaian apabila kondisi kulit tidak kunjung membaik atau justru semakin parah dan muncul ciri-ciri alergi. (Hellosehat)

Heboh..! Coba simak video ini:

Original Source

Topik Menarik

{
{