Penutup Aurat Wanita Muslim, Ini Bedanya Jilbab, Niqab, Al-mira, Shayla, Khimar dan Burqa

Gaya Hidup | indozone.id | Minggu, 08 Mei 2022 - 17:18
Penutup Aurat Wanita Muslim, Ini Bedanya Jilbab, Niqab, Al-mira, Shayla, Khimar dan Burqa

Jilbab, niqab, burqa merupakan jenis busana penutup kepala untuk menutupi aurat yang digunakan oleh wanita muslim di seluruh dunia.

Ada banyak jenis penutup kepala yang digunakan sesuai dengan selera dan budaya masing-masing negara.

Fakta terbaru rezim Talibantelah mengumumkanbahwa perempuan Afghanistan harus menutupi wajah mereka berupa burqa saat mereka pergi ke luar rumah.

Hal itu disampaikan berdasarkan sebuah dekrit dari pemimpin tertinggi kelompok itu, Hibatullah Akhundzada pada 7 Mei.

Seorang juru bicara Kementerian Propagasi Kebajikan dan Pencegahan Kejahatan membacakan dekrit pada konferensi pers di Kabul.

Seorang wanita sedang mengenakan burqa di pusat pasar
Seorang wanita sedang mengenakan burqa di pusat pasar

Taliban mengatakan bahwa penutup wajah yang ideal adalahburqa biruyang mencakup semua, yang menjadi simbol global dari rezim garis keras itusebelumnya.

Beberapa wanita mengenakan jilbab untuk menutupi kepala dan rambut mereka, sementara yang lain mengenakan burqa atau niqab, yang juga menutupi wajah mereka.

Lalu apa perbedaan antara jilbab, burqa dan nikab? Lalu ada juga burkini. Di mana pakaian hijab yang digunakan untuk wanita muslim saat berada di pantai.

Seorang wanita sedang mengenakan burkini di pantai. (FETHI BELAID/AFP/Getty Images)
Seorang wanita sedang mengenakan burkini di pantai. (FETHI BELAID/AFP/Getty Images)

Penutup kepala atau hijab dipandang sebagai tanda kesopanan oleh orang yang memakainya, dan simbol keyakinan agama.

Tetapi tidak semua negarasetuju menerapkan jenis busana ini seperti yang diyakini negara Barat, Prancis dan Denmark, ada larangan mengenakan pakaian yang menutupi wajah di depan umum.

Berikut panduan untuk membedakan berbagai jenis hijab seperti yang dilansir BBC:

1. Jilbab

Hijab/jilbab
Hijab/jilbab

Kata hijab/jilbab menggambarkan tindakan menutupi secara umum tetapi sering digunakan untuk menggambarkan penutup kepalayang umum dikenakan oleh wanita Muslim. Kain penutupini datang dalam berbagai gaya dan warna. Jenis yang paling umum dipakai menutupi kepala dan leher tetapi membuat wajah tetap bersih.

2. Niqab

Niqab
Niqab

Niqab adalah kerudung untuk menutupi wajah termasuk mulut yang membuat area sekitar mata tetap terbuka. Namun, penutup inibisa dikenakan dengan kerudung mata yang terpisah. Ini dikenakan dengan jilbab yang menyertainya.

3. Burqa

Burqa
Burqa

Burqa merupakan penutup kepala yang paling tertutup dari semua kerudung dalam busana tradisiIslam. Jenis iniyakni kerudung one-piece yang menutupi wajah dan tubuh, seringkali hanya menyisakan layar berbentuk jala di bagian matauntuk melihat.

4. Al-mira

Al-mira
Al-mira

Al-amira merupakankerudung dua potong. Kerudung ini terdiri dari tutup pas, biasanya terbuat dari katun atau poliester, dan penutup kepala.

5. Shayla

Shayla
Shayla

Shayla merupakan kerudungpersegi panjang yang populer di wilayah Teluk. Penutup kepala ini cumadililitkan di sekitar kepala dan diselipkan atau disematkan di bahu.

6. Khimar

Khimar
Khimar

Khimar merupakan kerudung panjang seperti jubah yang menjuntai tepat di atas pinggang. Kerudung inimenutupi rambut, leher dan bahu sepenuhnya, kecuali bagian wajah yang tetap terlihat.

7. Chador

Chador/cadar
Chador/cadar

Chador atau Cadar kerapdikenakan oleh banyak wanita Iran saat berada di luar rumah. Kerudung ini merupakanjubah menutupi seluruh tubuh. Hal ini sering disertai dengan jilbab yang lebih kecil di bawahnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Artikel Asli