Loading...
Loading…
Kapal Pengangkut Ribuan Ton Semen Karam di Dekat Sangiang

Kapal Pengangkut Ribuan Ton Semen Karam di Dekat Sangiang

Gaya Hidup | genpi.co | Minggu, 08 Mei 2022 - 17:00

GenPI.co Ntb - Kapal yang mengangkut ribuan ton semen kandas di perairan laut utara Pulau Sangiang.

Kapal Motor (KM) Permata Asia mengalami kebocoran di bagian kamar mesin.

"Kebocoran di kamar mesin kapal itu sebenarnya sudah beberapa kali diperbaiki, tetapi karena tidak lagi bisa tertolong, nakhoda kapal meminta pertolongan dengan mengirim signal SOS," kata Kapolres Bima Kota AKBPHenry Novika Chandra dilansir dari Antara.

Kabar yang dikirim melalui signal SOS tersebut mendapat tanggapan pertolongan dari personel gabungan dari TNI AL, Polairud, Polsek Sape, dan Polsek Lambu.

"Mereka gerak cepat sampai akhirnya berhasil mengevakuasi ABK (Anak Buah Kapal) KM Asia Permata menuju Pelabuhan Sape," ujarnya.

Saat bocor diketahui, kapten kapal mengarahkan kapalnya ke arah utara Laut Sangiang yang berjarak 2 mil. Sesampaikanya di lokasi, mesin kapal langsung mati hingga akhirnya tenggelam.

ABK sempatmenyedot air menggunakan 2pompa manual, pompa jekip 3 unit sampai dengan pukul 08.00 WITA. Namun petugas tidak bisa mengatasi debit air yang mengalami kebocor di kamar mesin.

"Mesin kapal mati dengan sendirinya, kapal mulai tenggelam pada pukul 08.30 WITA sampai dengan 10.30 WITA,"tambah Kapolres.

Baca Juga :
Pemerintah Konfirmasi Harga Batubara Acuan Kembali Naik, Ini Penyebabnya

Kapal dengan nomor lambung GT 1381 tersebut mengangkut 18 ABK dengan tujuan ke arah timur,Provinsi NTB.(*)

Video heboh hari ini:

Original Source

Topik Menarik

{
{