Loading...
Loading…
Inilah 4 Desa Wisata Unggulan yang Ada di Jambi Beserta Aktivitas Serunya!

Inilah 4 Desa Wisata Unggulan yang Ada di Jambi Beserta Aktivitas Serunya!

Gaya Hidup | netralnews.com | Minggu, 08 Mei 2022 - 15:06

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Apakah Anda pernah menginjakkan kaki di Jambi? Jambi adalah sebuah kota yang berada di pulau Sumatra, Indonesia dan sekaligus merupakan ibukota dari provinsi Jambi. Kota ini dibelah oleh sungai terpanjang di Sumatra yang bernama Batang Hari, kedua kawasan tersebut terhubung oleh jembatan Aur Duri.

Jambi jadi salah satu wilayah di Indonesia yang punya perkembangan desa wisata cukup signifikan. Hingga 2021, terdapat 21 desa wisata di Jambi yang telah tercatat di laman Jejaring Desa Wisata (Jadesta) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf).

Beberapa desa wisata di Jambi juga masuk dalam jajaran nominasi 100 Desa Wisata Terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Hal ini tidak mengherankan, pasalnya masing-masing desa wisata punya keunikan dan ciri khas tersendiri yang terus dikembangakan guna menggaet wisatawan.

Berikut ini 4 desa wisata terbaik yang dapat dikunjungi di Jambi:

1. Desa Wisata Muaro Jambi

Desa Wisata Muaro Jambi termasuk dalam 100 Desa Wisata Terbaik ADWI 2021. Dikutip dari laman Jadesta Kemenparekraf, desa wisata ini telah ada sejak 2017.

Baca Juga :
Luhut Binsar Pandjaitan Resmikan Kampanye Wisata `Jelajah Jambi`

Sesuai namanya, letak desa wisata di Jambi ini berdampingan dengan Cagar Budaya Muaro Jambi. Karena itu, keunikannya juga tidak lepas dari situs bersejarah tersebut, seperti kanal kuno, Candi Muaro Jambi, Sungai Batanghari, dan rumah adat melayu kuno.

Selain pariwisata, Desa Wisata Muaro Jambi juga punya potensi ekonomi kreatif (Ekraf), berupa seni pertunjukan rebana siam, Tari Topeng, Tari Bayangan, pencak silat, dan hadrah.

2. Desa Muara Madras

Terletak di Kabupaten Merangin, desa wisata di Jambi ini terkenal dengan pemandangan alam yang memukau. Desa Muara Madras tampak indah karena seluruh jalanan desanya ditanami bunga-bunga.

Ada beberapa ikon wisata dari Desa Muara Madras di antaranya: Puncak Goa Tirau, wisata air panas Hulu Mentenang, kebun jeruk Gerga, agro wisata lembah Mentenang, dan Lubuk Larangan. Sementara itu, desa wisata ini juga memiliki produk ekraf yang cukup berkembang, yakni kopi jangkat.

3. Desa Wisata Lekuk 50 Tumbi Lempur

Desa wisata di Jambi ini terkenal dengan alamnya yang masih asri, dan dikelilingi panorama Bukit Barisan. Masuk dalam 500 besar ADWI 2021, ada beragam potensi yang telah dimanfaatkan dengan baik oleh warga Desa Wisata Lekuk 50 Tumbi Lempur.

Baca Juga :
Candi Muaro Jambi Menuju Wisata Berkualitas, Apa Saja Harus Dibenahi?

Misalnya keberadaan Danau Lingkat, Danau Nyalo, Danau Duo, Danau Kecil, dan Danau Kaco yang ada di di desa ini. Kelima danau tersebut telah diberdayakan masyarakat setempat sebagai paket wisata ekspedisi 5 danau selama 3 hari.

Selain itu, masyarakat setempat juga memanfaatkan Sungai Larangan yang ada di desa untuk membuat paket wisata arung jeram. Eksotisme Desa Wisata Lekuk 50 Tumbi Lempur ini makin sempurna dengan dikelolanya situs sejarah yang ada di desa tersebut.

4. Desa Wisata Pentagen

Kreativitas membawa Desa Wisata Pentagen masuk dalam 500 besar ADWI 2021. Desa yang terletak di Kabupaten Kerinci ini berhasil mengelola potensi wisata dengan sangat baik.

Berbekal Dana Desa 2017, Desa Wisata Pentagen berhasil menyulap embung desa menjadi lahan outbond bernama Taman Pertiwi.

Di lokasi ini terdapat wahana flying fox, sepeda gantung, hammock, dan sepeda air untuk menarik minat wisatawan berkunjung.

Untuk wisata budaya, Desa Wisata Pentagen Jambi memiliki beberapa seni pertunjukan unik dan ritual adat antara lain Tarian Panggilan Jihad, Kenduri Pemimpin Adat, Kenduri Seko, Ngihit Pamun, dan Qadam.

Original Source

Topik Menarik