Loading...
Loading…
Mantap, Desa Buwun Sejati Masuk 50 ADWI

Mantap, Desa Buwun Sejati Masuk 50 ADWI

Gaya Hidup | genpi.co | Minggu, 08 Mei 2022 - 14:00

GenPI.co Ntb - Desa Wisata Buwun Sejati, Kecamatan Narmada, Lombok Barat, masuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Desa yang bersebelahan dengan Hutan Sesaot ini memang memiliki begitu banyak potensi.

"Di NTB ada dua yang masuk 50 besar ADWI dari Kemenparekraf, selain Desa Buwun Sejati, ada juga destinasi wisata Loang Baloq di Kota Mataram," kata Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid dilansir dari Antara.

ADWI merupakan ajang pemberian penghargaan kepada desa-desa wisata yang memiliki prestasi dengan kriteria-kriteria penilaian dari Kemenparekraf.

Kegiatan tersebut bertujuan menjadikan desa wisata Indonesia sebagai destinasi pariwisata berkelas dunia dan berdaya saing tinggi.

Dikutip dari portal http://jadesta.kemenparekraf.go.id, Buwun Sejati merupakan salah satu desa wisata yang ada di Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat yang memiliki potensi yang luar biasa.

Adapun potensi tersebut di antaranya wisata alam Aik Nyet, wisata alam Bunut Ngengkang, Air Terjun Tibu Atas, Wisata Bendungan Jangkok, dan lainnya.

Baca Juga :
Janji Sambangi 50 Besar Desa Wisata ADWI 2022, Ini yang Akan Dilakukan Sandiaga Uno

Dari segi budaya Buwun Sejati juga memiliki musik Tradisional Baleganjur, sanggar tari, wayang kulit, dan sebagainya. Dari segi kuliner, Desa Buwun Sejati memiliki sate bulayak.

Sedangkan dari segi kerajinan ada dulang kayu dan anyaman ketak.

Melihat potensi yang luar biasa tersebut, Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat menobatkan Desa Buwun Sejati sebagai Desa Wisata Pioner dan percontohan untuk Kabupaten Lombok Barat.

Fauzan berharap Desa Buwun Sejati mampu meraih prestasi terbaik di ajang ADWI dan bisa melebihi apa yang sudah diperoleh Desa Sesaot yang meraih juara empat bidang "Cleanliness, Health, Safety & Environment Sustainability" (CHSE).(*)

Video seru hari ini:

Original Source

Topik Menarik

{
{
{