7 Manfaat Baik Kismis Hitam, Ampuh Kurangi Uban Loh

7 Manfaat Baik Kismis Hitam, Ampuh Kurangi Uban Loh

Gaya Hidup | okezone | Minggu, 8 Mei 2022 - 13:10
share

KISMIS biasa digunakan dalam toping sebuah kue atau bahkan tambahan dalam membuat salad. Kismis pun memiliki beberapa jenis, tapi yang paling umum adalah kismis hitam.

Dengan ciri khas kulitnya keriput dan berair, kismis ini memiliki banyak manfaat seperti mengurangi kerontokan rambut, menghilangkan kotoran dari darah, dan mengurangi tekanan darah tinggi hingga mencegah anemia.

"Kismis hitam adalah tambahan yang bagus untuk diet Anda karena mengandung antioksidan alami dan kaya akan zat besi," ujar Dixa Bhavsar, seorang pakar Ayurveda dilansir Antara dari Indian Express.

Bhavsar merekomendasikan merendam kismis sebelum dikonsumsi karena makanan kering dapat memperburuk masalah lambung.

Menurut Ayurveda atau metode pengobatan tertua di dunia, yang mulai dipraktikan di India sejak ribuan tahun lalu, kismis hitam memiliki sejumlah khasiat kesehatan.

Kismis

Membantu osteoporosis

Kismis hitam adalah sumber potasium yang kaya. Ini juga mengandung kalsium dalam jumlah tinggi, yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang.

Mengurangi uban dan rambut rontok

Kismis hitam tidak hanya kaya akan zat besi tetapi juga mengandung vitamin C dalam jumlah besar. Kismis ini memfasilitasi penyerapan mineral yang cepat dalam tubuh dan juga memberikan nutrisi yang tepat untuk rambut.


Menjaga tekanan darah tetap terkendali

Mengkonsumsi kismis hitam dapat membantu mengontrol tekanan darah karena kandungan kaliumnya mampu mengurangi natrium dalam darah.

Topik Menarik