7 Ide Kreatif dan Menarik Daur Ulang Pakaian Bayi yang Sudah Tidak Terpakai

7 Ide Kreatif dan Menarik Daur Ulang Pakaian Bayi yang Sudah Tidak Terpakai

Gaya Hidup | journal.sociolla.com | Minggu, 8 Mei 2022 - 11:00
share

Tumbuh kembang bayi yang baru lahir (newborn) hingga balita terasa sangat cepat dan membuat pakaiannya jadi mudah sesak dan tidak cukup lagi untuk dipakai. Memanfaatkan kembali baju bayi yang sudah tidak terpakai tidak hanya akan mengurangi pencemaran lingkungan, tetapi juga akan menghasilkan barang yang lebih bermanfaat.

Nah, kalau kamu sedang bingung mau diapakan pakaian si kecil yang sudah tidak terpakai, yuk, daur ulang pakaian bayi tersebut menjadi barang-barang berikut ini!

Selimut anak

daur ulang pakaian bayi

Sumber Foto

Potong pakaian bayi yang sudah tidak terpakai menjadi kotak-kotak kecil maupun bentuk lain sesuai keinginan. Jahit tiap potongan menjadi selimut berukuran sedang yang bisa dipakai kembali oleh si kecil. Untuk menyiasati supaya selimut tersebut lebih tebal, kamu bisa membeli duvet di toko bahan pakaian untuk mengisinya.

Sarung bantal

daur ulang pakaian bayi

Sumber Foto

Selain menjahitnya menjadi selimut, kamu juga bisa memanfaatkan potongan-potongan maupun sisa kain perca dari baju bayi yang tidak terpakai untuk disulap menjadi sarung bantal yang colorful . Kamu bisa berkreasi membuat sarung bantal untuk dipakai sendiri, dengan warna, bentuk dan desain sesuai keinginan.

Boneka

daur ulang pakaian bayi

Sumber Foto

Daripada membeli terlalu banyak, bagaimana kalau membuat sendiri boneka dari hasil kreasi daur ulang pakaian bayi yang sudah tak terpakai? Caranya, tentukan dahulu ingin membuat boneka apa, kemudian cari polanya di internet kemudian gambar sesuai pola. Untuk mengisinya, kamu bisa menggunakan busa maupun sisa kain perca yang tak terpakai.

Mainan interaktif

daur ulang pakaian bayi

Sumber Foto

Tak perlu membeli mainan interaktif dengan harga mahal, kamu juga bisa membuat sendiri interactive toys untuk si kecil dengan daur ulang pakaian bayi yang sudah tak terpakai. Balita dapat mempelajari cara mengancingkan, resleting, dan bahkan mengikat tali sepatu. Plus, buku ini sangat lembut sehingga sangat cocok untuk anak kecil.

--------------------------------------- SPLIT PAGE ---------------------------------------

Bandana atau aksesoris lainnya

daur ulang pakaian bayi

Sumber Foto

Kamu juga bisa menyulap dan daur ulang pakaian bayi menjadi aksesoris menggemaskan yang bisa si kecil kenakan. Selain aksesoris kepala berupa bandana untuk anak perempuan dan topi untuk anak laki-laki, kamu juga bisa membuatkan mereka celemek menggunakan kain baju yang sudah tidak terpakai.

Tas dan Dompet

daur ulang pakaian bayi

Sumber Foto

Tak hanya untuk si kecil, kamu juga bisa daur ulang pakaian bayi menjadi barang yang bermanfaat untuk diri sendiri. Kamu bisa membuat dompet koin, tas selempang mini, hingga tas belanja yang bisa digunakan sebagai reusable bag saat ke supermarket.

Dekorasi rumah

daur ulang pakaian bayi

Sumber Foto

Dekorasi rumah dari daur ulang pakaian bayi yang sudah tidak terpakai? Ide menarik dan patut dipraktikkan, nih. Kamu bisa berkreasi dengan kain maupun potongan-potongan baju bayi untuk membuat aneka ragam barang dekorasi untuk mempercantik ruangan. Selain bisa membuat hiasan dinding, kamu juga bisa membuat barang lain seperti bunga dari kain hingga karpet.

Topik Menarik