Loading...
Loading…
Tak Ingin Berat Badan Meningkat, Pakar Unair Beri Tips Jitu

Tak Ingin Berat Badan Meningkat, Pakar Unair Beri Tips Jitu

Gaya Hidup | genpi.co | Minggu, 08 Mei 2022 - 06:00

GenPI.co Jatim - Nuansa Hari Raya Idulfitri masih berjalan, aneka kudapan lezat yang menggugah selera. Awas berat badan meningkat.

Masyarakat disarankan memperhatikan konsumsi makanan selama lebaran.

Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Lailatul Muniroh mengatakan, prinsip makan sehari-hari maupun saat momen khusu tak ada perbedaan. Terpenting porsi cukup dan gizi seimbang.

Hal tersebut dimaksudkan agar kondisi tubuh tetap sehat. Sebab, makanan yang ada saat Idul Fitri cenderung punya kandungan lemak tinggi.

Apalagi momen lebaran setelah masyarakat menjalankan ibadah puasa Ramadan.

"Puasa selama sebulan memicu terjadinya fat loss sehingga dapat menurunkan berat badan yang berlebih. Sementara di hari lebaran tersedia berbagai jenis makanan lezat melimpah," kata Lailatul, Jumat (6/5).

Frekuensi makan meningkat seiring dengan bertamu dan menerima tamu. Sehingga, asupan energi dari makanan akan bertambah dan bahkan berlebih.

"Akibatnya, terjadi peningkatan berat badan," jelasnya.

Dia menyarakan, ketika makan masyarakat harus memperhatikan porsi makanan, terutama menu-menu yang bersantan dan jeroan.

Baca Juga :
Salad dan Sup Makanan Sehat, Benarkah?

"Secukupnya saja mengkonsumsi makanan bersantan, bila perlu ganti makanan bersantan tersebut dengan menggunakan creamer," jelasnya. (*)

Video seru hari ini:

Original Source

Topik Menarik

{