Loading...
Loading…
Darah Tinggi Ambrol, Ini Makanan Terbaik bagi Pengidap Hipertensi

Darah Tinggi Ambrol, Ini Makanan Terbaik bagi Pengidap Hipertensi

Gaya Hidup | genpi.co | Minggu, 08 Mei 2022 - 05:50

GenPI.co - Penderita darah tinggi perlu mengubah gaya hidupnya jadi lebih segar agar tubuh selalu sehat. Salah satunya, memperhatikan pilihan makanan.

Ikan menjadi salah satu pilihan makanan terbaik untuk penderita darah tinggi. Pasalnya, ikan merupakan sumber asam lemak omega 3 atau minyak ikan.

Asam lemak tak jenuh ganda ini menurut beberapa penelitian terbukti dapat menurunkan tekanan darah, yang menjadi tujuan pengobatan dari hipertensi.

Ketika tekanan darah tinggi, aliran darah yang melewati pembuluh darah menjadi kuat. Kondisi tersebut dapat menyebabkan pengerasan dan terkadang kerusakan pada dinding pembuluh darah.

Dalam jangka panjang, efek tersebut membuat jantung bekerja lebih keras daripada seharusnya sehingga membuat risiko serangan jantung, stroke, dan gagal jantung meningkat.

Inilah sebabnya, penderita hipertensi sangat perlu menjaga kestanilan tekanan darah.

Nah, manfaat ikan untuk penderita hipertensi adalah mengandung minyak ikan yang baik dalam menurunkan tekanan darah. Minyak ikan dapat memperlebar dan meningkatkan fleksibilitas pembuluh darah.

Umpamanya, sebuah pipa selang yang semakin lebar tentu akan mengalirkan air lebih banyak dan lebih lancar. Seperti itulah gambaran sirkulasi darah dalam pembuluh darah jika tetap lebar jalurnya dan fleksibel.

Baca Juga :
10 Pantangan bagi Penderita Hipertensi, Nomor 10 Sering Jadi Rebutan Saking Nikmatnya!

Melansir British Heart Foundation, dr. Alister McNeih berpendapat bahwa ada interaksi antara minyak ikan dengan pori-pori kecil di dinding pembuluh darah yang menjadi saluran kalium.

Minyak ikan diketahui menjaga pori-pori ini tetap terbuka sehingga memperbesar peluang molekul kecil dan masuk dan akhirnya membantu menurunkan tekanan darah. (hellosehat)

Lihat video seru ini:

Original Source

Topik Menarik

{