Seorang Anak Meninggal di Tulungagung, Diduga Alami Hepatitis Akut

Seorang Anak Meninggal di Tulungagung, Diduga Alami Hepatitis Akut

Gaya Hidup | bisnis.com | Minggu, 8 Mei 2022 - 05:14
share

Bisnis.com , JAKARTA - Hepatitis akut kembali diduga menjadi penyebab meninggalnya seorang anak perempuan berusia tujuh tahun di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Kabar ini diungkapkan oleh Dinas Kesehatan Tulungagung.

"Ya... sudah konfirmasi [hepatitis of uknown]," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung, dr Kasil Rokhmat di Tulungagung, Sabtu (7/5/2022).

Menurutnya, pasien anak yang tidak disebut identitasnya ini sebenarnya sempat mendapat perawatan intensif di RSUD dr. Iskak Tulungagung.

Ciri-ciri klinisnya, identik dengan penyakit hepatitis. Namun, penyebabnya dan sumber hepatitis dari mana belum diketahui.

Dari hasil laboratorium, tidak terdeteksi virus hepatitis A, B, C, D, maupun E. Dia menyatakan konfirmasi positif ini sesuai dengan kriteria Kementerian Kesehatan dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Kriteria itu antara lain ada gejala penyakit kuning, berusia di bawah 10 tahun, dan tidak ada penyebab lain. Gejala yang muncul adalah demam, diare, urine berwarna lebih pekat dan feses berwarna pucat.

Ia menjelaskan, temuan kasus ini berawal saat pasien mengalami demam dan muntah-muntah sekitar empat hari. Pasien sempat diperiksakan ke RS swasta, namun tidak kunjung sembuh dan akhirnya dirujuk ke RSUD dr. Iskak. Kemudian, pada Jumat (6/5/2022), pasien dinyatakan meninggal dunia.

Dari dugaan sementara, hepatitis akut ini ada hubungannya dengan adeno virus. Virus ini diyakini ditularkan melalui makanan dan minuman yang tingkat higienitasnya rendah, papar Kasil.

Topik Menarik