Loading...
Loading…
Jarang Disadari, 5 Hal Ini Ternyata Bisa Bikin Badan Pegal-Pegal

Jarang Disadari, 5 Hal Ini Ternyata Bisa Bikin Badan Pegal-Pegal

Gaya Hidup | indozone.id | Minggu, 08 Mei 2022 - 05:00

Badan pegal-pegal menjadi salah satu masalah kesehatan yang umum dialami banyak orang. Namun keluhan ini tetap harus diwaspadai apalagi jika pegal linu yang dirasakan sudah cukup sering dan bertahan dalam waktu lama.

Pasalnya pegal-pegal tidak hanya bisa terjadi akibat aktivitas yang padat yang menimbulkan kelelahan otot. Beberapa hal lain yang mungkin tak pernah kamu sadari tanya bisa memicu pegal-pegal.

Gak percaya? Dikutip dari Klikdokter , Brikut 5 hal yang juga bisa menyebabkan badan pegal-pegal 1. Infeksi Ilustrasi infeksi (Unsplash/Nattakorn Maneerat)

Infeksi virus maupun bakteri dapat menyebabkan keluhan badan pegal. Hal ini dikarenakan sistem imunitas tubuh akan mengirim sel darah putih untuk membasmi infeksi yang terjadi.

Akibatnya terjadilah peradangan, yang membuat tubuh terasa pegal dan kaku. 2. Kekurangan kalium Ilustrasi sakit tulang (Unsplash/ipopba)

Kalium menjad zat gizi yang amat penting yang dibutuhkan tulang. Jika seseorang kekurangan kalium maka dia akan mengalami hipokalemia yang sangat mengganggu kinerja saraf dan otot.

Karenanya, jika darah kekurangan kadar kalium, tubuh akan merasakan nyeri, lemah, lelah berlebihan, serta kram otot. 3. Stres Ilustrasi stres (Unsplash/Pongtep Chithan)

Baca Juga :
Tips Meminimalisir Efek Samping Usai Vaksin

Tubuh dapat mengalami tegang berlebih ketika kamu sedang stres. Selain itu, kondisi tersebut juga bisa melemahkan daya tahan tubuh.

Saat stres, otot akan secara otomatis menegang dan memengaruhi respons tubuh terhadap infeksi maupun peradangan. 4. Dehidrasi Ilustrasi dehidrasei (Unsplash/Pheelings Media)

Kekurangan cairan turut membuat badan pegel. Karenanya, kamu harus minum setidaknya 2 liter atau 8 gelas dalam sehari.

Apabila kebutuhan tersebut tidak dipenuhi, kamu bisa mengalami dehidrasi yang berujung pada kondisi tubuh yang mudah lelah. 5. Kurang tidur Ilustrasi mengantuk (Unsplash/Doucefleur)

Tidak mendapatkan tidur yang cukup secara terus-menerus bisa membuat tubuh tidak memiliki waktu yang cukup untuk memulihkan sel dan jaringan. Akibatnya kamu akan merasa pegal-pegal, badan lemas, dan sulit untuk beraktivitas.

Dalam kondisi yang lebih parah, seseorang dengan nyeri kronis cenderung mengalami kesulitan tidur.

Di satu sisi, orang yang sulit tidur atau insomnia juga lebih sering mengalami nyeri kronis. Artikel Menarik Lainnya:

Baca Juga :
Jangan Sepelekan, 3 Hal Ini Bikin Badan Kamu Sering Pegal Linu

Original Source

Topik Menarik

{
{