4 Tips Mengatasi Depresi Pascapersalinan Bagi Para Ibu Baru, Salah Satunya Olahraga

Gaya Hidup | indozone.id | Minggu, 08 Mei 2022 - 04:00
4 Tips Mengatasi Depresi Pascapersalinan Bagi Para Ibu Baru, Salah Satunya Olahraga

Menjadi orang tua bukanlah hal mudah untuk dilakukan. Dari mulai emosi, kegembiraan hingga kecemasan dan ketakutan adalah perasaan yang selalu muncul usai melahirkan.

Baby blues ukup umum di kalangan ibu baru, tapi bagaimana kamu mengatasi depresi pascapersalinan, gangguan mood yang berlangsung lama dan parah?

Dilansir India TV , Depresi pascapersalinan (PPD) adalah masalah kesehatan utama yang menghasilkan efek berbahaya pada ibu baru, bayi mereka serta keluarga. Sementara depresi ringan yang disebut 'baby blues' umum terjadi pada ibu baru. Sementara PPD memerlukan perhatian medis, dan jika tidak diobati akan mempengaruhi kemampuan wanita untuk merawat bayi dan dirinya sendiri.

Nah, berikut ini tips yang harus diikuti untuk mengatasi depresi pascamelahirkan.

1. Jaga pola makan sehat

Jaga nutrisi pasca melahirkan dengan mengonsumsi makanan kaya protein seperti ikan, daging, kacang-kacangan, yogurt, susu dan keju, serta tidak lupa tetap terhidrasi dengan air dan jus buah mempercepat pemulihan dan meningkatkan energi.

2. Cukup tidur

Wanita yang mengalami depresi pascamelahirkan sering membutuhkan waktu lebih lama untuk tertidur dan tidur lebih sedikit daripada mereka yang tidak mengalami depresi pascamelahirkan. Selain itu, semakin rendah kualitas tidur mereka, semakin parah depresi mereka. Jadi sangat penting mendapatkan cukup tidur untuk mengurangi depresi.

3. Berolahraga saat ada waktu

Olahraga adalah cara yang tepat untuk melepas hormon, penelitian telah menunjukkan bahwa aktivitas fisik dapat membantu memerangi depresi pascamelahirkan. Berolahraga selama periode postpartum adalah cara yang efisien untuk mencapai kesejahteraan psikologis yang lebih baik.

4. Batasi penggunaan media sosial dan berita

Membatasi penggunaan media sosial dan membaca berita merupakan salah satu cara terbaik untuk mengurangi depresi pascamelahirkan. Melihat media sosial hanya akan membuat kamu semakin cemas, jadi tahan diri untuk tidak membuka media sosial.

Artikel Menarik Lainnya:

Artikel Asli