Loading...
Loading…
Kesehatan: Dampak Fatal, Vitamin C Bahaya Dikonsumsi Berlebihan

Kesehatan: Dampak Fatal, Vitamin C Bahaya Dikonsumsi Berlebihan

Gaya Hidup | genpi.co | Minggu, 08 Mei 2022 - 03:50

GenPI.co Bali - Dampak buruk fatal bagi kesehatan bisa dirasakan oleh manusia apabila mengkonsumsi vitamin C terlalu berlebihan.

Medical Senior Manager Kalbe Consumer Health, dr. Helmin Agustina Silalahi menerangkan vitamin yang banyak terkandung di Jeruk tersebut bisa picu batu ginjal.

"Vitamin C berdasarkan beberapa data, dinyatakan kalau konsumsi terlalu banyak akan berisiko batu ginjal. Maka jangan dikonsumsi secara berlebihan," kata dia.

Itu sebabnya, vitamin C harus dikonsumsi sesuai aturan pakai atau dosis yang tercantum di kemasan produk.

"Vitamin C adalah salah satu vitamin yang larut dalam air, artinya akan diabsorbsi dalam tubuh kita, dan kalau sisa akan dibuang. Tapi ada vitamin C terbaru, dengan tambahan asam askorbat, bioflavonoid, dan asam lemak," katanya.

Lebih lanjut dia menjelaskan tidak semua vitamin C yang terserap dalam tubuh akan dibuang melalui urin. Itu sebabnya konsumsi vitamin C tidak perlu terus-menerus.

"Tubuh kita kan kebanyakan selnya ada lemaknya. Jadi sesuatu kalau ada fat-nya akan terserap dan diikat oleh lemaknya," kata dia lagi.

Sang pakar kesehatan juga menerangkan lagi bahwa vitamin C akan tertahan di dalam tubuh begitu dikonsumsi sehingga ada kalanya kita tak perlu memakan atau meminumnya lagi.

Baca Juga :
4 Penyakit yang Mengintai Jika Terlalu Banyak Makan Petai, Jangan Berlebihan!

Demi bisa mengatasi efek buruk oleh vitamin tersebut, Brand Manager H2 Health and Happiness, Henrietta Chrissel lantas mengenalkan H2 Pureway C Plus yang kaya akan Pureway C, vitamin D3, zinc, vitamin E, dan selenium.

"Fungsi selenium itu sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas, menurunkan risiko terkena infeksi. Jadi keseluruhan komsosisinya bekerja sama untuk menjaga daya tahan tubuh secara optimal," kata Henrietta. (Ant)

Simak video berikut ini:

Original Source

Topik Menarik

{