Catat! Berikut Tips Cegah Hepatitis Misterius pada Anak, Salah Satunya Jaga Kebersihan

Catat! Berikut Tips Cegah Hepatitis Misterius pada Anak, Salah Satunya Jaga Kebersihan

Gaya Hidup | indozone.id | Sabtu, 7 Mei 2022 - 14:15
share

Isu penyakit hepatitis akut yang penyebabnya masih misterius tengah ramai dibicarakan di Indonesia usai tiga anak di Jakarta dilaporkan meninggal dunia, diduga terinfeksi hepatitis akut.

Secara global sudah lebih dari 200 kasus hepatitis akut dan telah menyebar pada anak-anak di 17 negara, termasuk Indonesia. Inggris sendiri salah satu negara yang paling banyak terdampak kasus hepatitis misterius.

Karena penyebab kondisi ini belum diketahui pasti, masyarakat di seluruh dunia diminta tetap waspada dan tidak perlu panik.

Dilansi Channel News Asia , Kepala Layanan Gastroenterologi, Hepatologi, dan Nutrisi di Rumah Sakit Wanita dan Anak KK (KKH) Singapura, Dr Chiou Fang Kuan, mengatakan bahwa adenovirus menyebar melalui droplet atau sekresi pernapasan.

Tidak hanya itu, adenovirus juga dapat menyerah melalui kontak langsung dengan orang yang terinfeksi, tinja atau permukaan yang terkontaminasi.

Dr Chiou juga menyampaikan bahwa anak-anak tetap rentan terhadap penyakit menular di masa kanak-kanak, orang tua harus waspada.

Untuk mencegah kasus hepatitis akut yang diduga disebabkan oleh adenovirus, menjaga kebersihan salah satu langkah penting yang harus dilakukan, hal ini mencakup kebersihan tangan.

Sementara itu, Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau juga mengatakan bahwa untuk mencegah virus hepatitis akut pastikan menjaga kebersihan tangan dengan baik.

Tak hanya itu, pastikan makanan dalam kondisi matang dan bersih, tidak bergantian alat makan dengan orang lain, hindari kontak dengan orang sakit, serta menjaga kebersihan rumah dan lingkungan.

Dilansir Antara , Dinkes Kepri Muhamad Bisri juga menyarankan agar selalu menggunakan masker saat berpergian, jaga jarak dengan orang lain dan menghindari keramaian, agar terhindar dari virus hepatitis misterius itu.

Artikel Menarik Lainnya:

Topik Menarik