Tak Ingin Terjebak Sistem One Way? Baca Pesan Polda Jabar

Tak Ingin Terjebak Sistem One Way? Baca Pesan Polda Jabar

Gaya Hidup | genpi.co | Jum'at, 6 Mei 2022 - 16:00
share

GenPI.co Jabar - Kepolisian Daerah Jawa Barat meminta masyarakat yang hendak ke arah timur dari arah barat untuk tidak menggunakan jalan tol pada saat arus balik Lebaran.

Sebab rencananya, pihak kepolisian bakal menerapkan rekayasa lalu lintas satu arah atau one way.

Kabidhumas Polda Jawa Barat Kombes Pol. Ibrahim Tompo mengatakan pemudik bisa menggunakan jalur arteri atau alternatif.

Dengan demikian, maka arus kendaraan yang dari barat ke timur bisa terurai dan meminimalisir kemacetan parah.

"Kepada para pengguna jalan dari arah barat menuju ke arah timur tujuan Bandung, Garut, Tasikmalaya, Cirebon, Jawa Tengah, sampai dengan Jawa Timur, untuk menggunakan jalan alternatif dan arteri," ujar Ibrahim di Bandung, Kamis.

Ibrahim menambahkan, pengendara dari arah Jakarta dengan tujuan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur bisa melalui jalur alternantif (nontol) via Tol Jagorawi dan keluar melalui Gerbang Tol Cibubur-Cilengsi.

Lalu pemudik bisa menggunakan jalur Jonggol hingga masuk Tol Padaleunyi dan keluar di GT Cileunyi untuk menggunakan jalur selatan.

Selain itu, Tanjung Pura Bekasi, Karawang, Simpang Jomin, Jalur pantura bisa menjadi pilihan masyarakat untuk arus balik nanti.

Pemudik juga bisa langsung masuk ke Indramayu, Cirebon, Brebes sampai ke Jateng dan Jatim.

Tanjung Pura Bekasi, Karawang, Simpang Jomin, Cikopo, GT Sadang Purwakarta, Tol Purbaleunyi, hingga Bandung bisa menjadi pilihan bagi masyarakat.

Masyarakat, lanjut Ibrahim, diimbau untuk tidak menunggu sistem one way di jalur tol karena berpotensi menyebakan kepadatan.

Sebab one way bisa sewaktu-waktu diperpanjang, tergantung dari kondisi di lapangan. (ant)

Simak video berikut ini:

Topik Menarik