Jangan Sepelekan, 3 Hal Ini Bikin Badan Kamu Sering Pegal Linu

Jangan Sepelekan, 3 Hal Ini Bikin Badan Kamu Sering Pegal Linu

Gaya Hidup | genpi.co | Jum'at, 6 Mei 2022 - 05:10
share

GenPI.co - Otot yang sehat memungkinkan kamu bergerak dan beraktivitas dengan bebas. Namun, penggunaan otot yang berlebihan dan tidak tepat berpotensi menjadi penyebab badan terasa pegal dan linu.

Meski pegal linu bisa reda dengan sendirinya atau hanya terjadi dalam waktu singkat, terkadang rasa pegal juga bisa bertahan hingga berbulan-bulan lamanya.

Berikut merupakan beberapa kondisi yang mungkin menjadi penyebab tubuh mengalami pegal linu.

Cedera otot

Keseleo atau cedera otot yang menyerang tendon atau ligamen biasanya menyerang area kaki. Kondisi ini bisa menjadi penyebab pegal dan linu.

Tingkat keparahannya bervariasi, ada otot yang hanya meregang, tapi ada juga yang sampai robek sebagian maupun seluruhnya.

Stres

Baik stres fisik maupun mental, keduanya sama-sama memicu tekanan pada otot-otot dalam tubuh. Tanpa disadari, tubuh akan secara tiba-tiba (refleks) melindungi tubuh dari cedera maupun rasa sakit.

Hal tersebut bisa menyebabkan otot menjadi tegang sehingga rasa pegal pun muncul. Akan tetapi, setelah stres mereda, perlahan rasa pegal dan linu pun hilang.

Aktivitas fisik yang berlebihan

Olahraga memang baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Namun, saat kamu melakukannya secara berlebihan, kegiatan ini justru berpotensi menyebabkan pegal linu.

Hal ini juga bisa terjadi apabila kamu melakukan pekerjaan yang memaksa tubuh melakukan aktivitas fisik yang berat. (hellosehat)

Jangan sampai ketinggalan! Kamu sudah lihat video ini ?

Topik Menarik