Waspada Hepatitis Akut Menyerang Si Kecil Moms! Ketahui Gejalanya dan Ikuti Saran Pakar Ini Ya

Waspada Hepatitis Akut Menyerang Si Kecil Moms! Ketahui Gejalanya dan Ikuti Saran Pakar Ini Ya

Gaya Hidup | herstory | Rabu, 4 Mei 2022 - 10:30
share

Moms, saat ini pemerintah sedang mewaspadai perkembangan penyakit Hepatitis Akut . Yak wabah dari Inggris Raya ini kebanyakan menyerang anak-anak. Di Indonesia pun, 3 anak telah meninggal akibat penyakit ini.

Terkait hal itu, Ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Adib Khumaidi, pun meminta seluruh tenaga kesehatan dan orang tua mewaspadai gejala Hepatitis Akut, terlebih pada masa mudik Lebaran saat ini.

"Agar seluruh organisasi profesi medis di bawah IDI, seluruh dokter dan tenaga kesehatan yang bertugas di berbagai jenis fasilitas kesehatan tingkat pertama yakni puskesmas, posyandu, klinik praktik mandiri, serta dokter praktik perorangan juga mewaspadai setiap gejala Hepatitis akut pada anak dan dewasa," jelas Adib, dilansir dari siaran pers PB IDI, kemarin.

Fyi Moms, Hepatitis sendiri merupakan penyakit peradangan hati yang umumnya disebabkan oleh infeksi virus. Selain itu, Hepatitis dapat disebabkan oleh penyakit autoimun serta zat racun atau obat-obatan tertentu.

Lalu, apa gejala dan bagaimana cara mencegah kasus dugaan Hepatitis Akut ini?

Dilansir dari akun Instagram @idai_ig, dilaporkan ada 10 gejala Hepatitis Akut misterius yang dialami anak-anak di berbagai negara. Diantaranya:

  1. Penurunan kesadaran
  2. Demam tinggi atau ada riwayat demam
  3. Perubahan warna urin (gelap) dan atau feses pucat
  4. Kulit menguning
  5. Gatal
  6. Nyeri sendi atau pegal-pegal
  7. Mual, muntah, nyeri perut
  8. Lesu
  9. Diare serta kejang
  10. Hilang nafsu makan

"Saat ini, Hepatitis Akut yang belum diketahui penyebabnya ini telah secara resmi dipublikasikan sebagai kejadian luar biasa (KLB) oleh Badan Kesehatan Dunia WHO," tutur Adib.

Terpisah, Juru Bicara Kemenkes , Siti Nadia Tarmizi, mengatakan, untuk mencegah penularan penyakit Hepatitis Akut, masyarakat harus melakukan berbagai hal.

Pencegahan itu, kata Nadia, adalah dengan mencuci tangan, memastikan makanan dalam keadaan matang dan bersih, tidak bergantian alat makan, menghindari kontak dengan orang sakit, serta tetap melaksanakan protokol kesehatan.

Semoga informasinya bermanfaat ya, Moms!

Topik Menarik