Benarkah Puasa 6 di Bulan Syawal Setara dengan Puasa Selama Satu Tahun?

Benarkah Puasa 6 di Bulan Syawal Setara dengan Puasa Selama Satu Tahun?

Gaya Hidup | indozone.id | Selasa, 3 Mei 2022 - 21:00
share

Setelah menjalankan puasa Ramadhan satu bulan lamanya, biasanya umat Islam akan disambut bulan Syawal dimana akan merayakan Idulfitri dengan suka cita.

Terdapat pula suatu amalan yang cukup besar ganjaran pahalanya apabila dilakukan pada bulan Syawal yakni dengan berpuasa 6 hari atau dikenal dengan puasa 6.

Dikutip dari Islamicpost , puasa 6 merupakan puasa yang dilakukan setelah 3 hari Idulfitri di bulan Syawal yang bermanfaat untuk mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT.

Lantas pahala apakah yang didapat oleh umat Islam jika melakukan puasa 6?

Melaksanakan puasa 6 sangat mendatangkan banyak manfaat bagi umat Islam mulai dari pahala hingga penyempurnaan ibadah kepada Allah SWT. Keutamaan puasa 6 ialah mendapat pahala setara dengan berpuasa selama satu tahun.

Hal tersebut disebutkan dalam hadist Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh HR. Muslim:

"Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan, kemudian ia ikuti dengan berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka ia akan mendapat pahala seperti puasa setahun penuh, bunyi hadist tersebut.

Tak hanya itu, puasa 6 juga dapat menyempurnakan ibadah wajib selama bulan Ramadhan. Puasa Syawal ini mampu menutupi kekurangan-kekurangan ibadah umat muslim selama di bulan Ramadhan.

Dengan begitu banyaknya manfaat puasa Syawal, semoga dapat dimanfaatkan oleh umat Islam untuk melakukannya usai merayakan Idulfitri nanti.

Artikel Menarik Lainnya:

Topik Menarik