Aneh Tapi Nyata! 5 Tempat Misterius Ini Letaknya di Lautan, Ada Gunung Api Bawah Laut?

Aneh Tapi Nyata! 5 Tempat Misterius Ini Letaknya di Lautan, Ada Gunung Api Bawah Laut?

Gaya Hidup | koran-jakarta.com | Selasa, 3 Mei 2022 - 18:40
share

Laut menyimpan misteri yang lebih banyak dari luar angkasa. Peneliti mungkin saja telah menjelajah keberadan galaksi lain hingga menginjakkan kaki di bulan, tetapi untuk laut terdalam? Penelitian yang merujuk ke sana masih sangat minim dan kurang.

Eksplorasi yang kurang ini akhirnya membuat laut menjadi tempat yang penuh teka-teki. Ada banyak fenomena di laut, terutama di lautan terdalam, yang belum bisa dijelaskan asal usul keberadaannya.

Apa saja sih sisi misteri dari laut yang belum kita tahu keberadaannya? Berikut ulasannya berdasarkan IFL Science dan Science Focus .

  1. Monumen Yonaguni

Tahukah kamu? Di perairan lepas pantai Jepang, terdapat sebuah struktur aneh menyerupai bangunan yang berada di dasar laut. Bangunan ini disebut sebagai Monumen Yonaguni.

Monumen ini pertama kali ditemukan pada tahun 1986 oleh seorang penyelam. Hingga kini, peneliti belum bisa memberi jawaban tentang fenomena tersebut. Mereka masih menerka, apakah monumen ini buatan manusia, piramida kuno yang tenggelam, formasi batuan alam atau kondisi akibat bencana alam?

Tak hanya itu, di bangunannya terdapat goresan-goresan unik yang masih belum diketahui apa bentuknya. Meski tak ada yang mampu memberikan penjelasan, monumen yang terkenal dengan "Atlantis Jepang" ini menjadi tempat menyelam yang populer di kalangan wisatawan.

  1. Carter Seamount

Carter Seamount atau gunung laut adalah fenomena yang baru dipelajari akhir-akhir ini. Mereka adalah tim peneliti dari University of Bristol yang memulai penelitian sejak tahun 2013.

Carter diketahui sebagai gunung laut yang berada di permukaan Samudera Atlantik dan tertutup ekosistem karang dan spons. Menurut penelitiannya, carter merupakan salah satu gunung laut berapi yang masih aktif.

Tak hanya carter di Atlantik, saat ini diperkirakan ada lebih dari satu juta gunung berapi yang letaknya berada di dasar laut. Hal tersebut ditandai dengan terdeteksinya titik-titik panas yang terletak di lautan seluruh dunia.

Meski terkesan menyeramkan dan masih dalam kondisi aktif, gunung laut menjadi salah satu ekosistem laut yang menjadi tempat berkumpulnya ikan, karang dan mamalia laut.

  1. Segitiga Bermuda

Siapa yang belum pernah mendengar misteri yang satu ini? Segitiga Bermuda adalah pusat dari pertemuan sudut tiga lokasi yang jika ditarik garis imajiner, bentuknya seperti segitiga. Lokasinya berada di antara Miami, Puerto Rico dan Bermuda.

Kengerian dari Segitiga Bermuda bukanlah karena bentuknya yang menyerupai segitiga, melainkan ada banyak kecelakaan yang terjadi di lokasi tersebut. Konon, segitiga bermuda menjadi sebab banyaknya kapal dan pesawat yang hilang di lokasi tersebut.

Secara ilmiah, daerah itu memiliki perubahan cuaca yang tak menentu akibat arus teluk. Hal inilah yang mungkin menyebabkan banyak terjadi badai dan mengacaukan alat navigasi, sehingga segitiga bermuda menjadi momok yang menakutkan sekaligus memancing penasaran banyak orang.

  1. Palung Mariana

Salah satu misteri lautan yang belum bisa dijelaskan umat manusia adalah Palung Mariana. Tempat ini diklaim sebagai titik terdalam Bumi dengan kedalaman mencapai 11,3 km. Untuk mengetahui seberapa dalam 11,3 km itu, Gunung Everest yang diklaim sebagai gunung paling tinggi di Bumi, tingginya hanya mencapai 8,8 km.

Salah satu hal yang menjadi misteri adalah, makhluk apa yang tinggal di dalam Palung Mariana? Sebagai lokasi terdalam di Bumi, lautan di Palung Mariana sangat gelap dan dingin. Suhunya bahkan hampir mendekati titik beku. Tak hanya itu, tekanan air di Palung Mariana mencapai 8 ton per inci persegi. Inilah mengapa palung Mariana dianggap sebagai tempat paling berbahaya untuk dijelajah manusia.

Topik Menarik