Jika Ada 4 Tanda Ini, Kamu Terkena Kolesterol Tinggi

Jika Ada 4 Tanda Ini, Kamu Terkena Kolesterol Tinggi

Gaya Hidup | genpi.co | Senin, 2 Mei 2022 - 13:40
share

GenPI.co - Salah satu penyakit yang sering dianggap remeh, tapi berdampak serius untuk kesehatan adalah kolesterol tinggi.

Sesuai dengan namanya, kolesterol tinggi merupakan jumlah kolesterol dalam darah yang sudah melewati batas normal.

Dokter umum Alni Magdalena menjelaskan, bahwa sebenarnya kolesterol dibutuhkan oleh tubuh agar bisa berfungsi secara normal.

"Sekalipun dibutuhkan tubuh, sering tidak disadari untuk melakukan kontrol sehingga yang seharusnya dibutuhkan justru bisa menyebabkan berbagai macam penyakit," jelas Alni kepada GenPI.co, Minggu (1/5).

Alni mengungkapkan, penting untuk melakukan kontrol kolesterol dalam tubuh secara rutin agar tidak berisiko terkena penyakit serius.

Berikut ini adalah empat tanda kamu telah terkena kolesterol tinggi:

1. Mudah Lelah

Salah satu kondisi yang paling terasa untuk penderita kolesterol tinggi, yakni mudah lelah.

Hal ini terjadi karena plak di pembuluh darah meningkat karena tinggi kadar kolesterol, sehingga menyebabkan kurang aliran darah ke jaringan tubuh.

2. Suka Mengantuk

Terlalu sering mengantuk menjadi salah satu ciri dari kolesterol tinggi. Hal ini disebabkan kurangnya oksigen mengalir ke otak.

3. Nyeri Kaki

Nyeri pada kaki menjadi tanda kolesterol tinggi. Hal ini serupa dengan asal usul rasa lelah, adanya penumpukan plak yang terjadi pada pembuluh darah di kaki, dapat menyebabkan rasa sakit atau nyeri di bagian kaki.

4. Nyeri Dada

Terakhir, penumpukan plak akibat kadar kolesterol tinggi juga bisa berbahaya untuk pembuluh darah jantung, hal ini menyebabkan nyeri di dada.(*)

Jangan lewatkan video populer ini:

Topik Menarik