32 Ribu Pemudik Melintas di Pelabuhan Lembar

32 Ribu Pemudik Melintas di Pelabuhan Lembar

Gaya Hidup | gatra.com | Minggu, 1 Mei 2022 - 20:31
share

Mataram, Gatra.com - Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat Komisaris Besar Polisi Artanto menuturkan, jumlah pemudik lebaran tahun 2022 yang melintas melalui kawasan Pelabuhan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, mencapai 32.021 orang. Angka ini diperoleh dari jumlah penumpang yang tiba maupun berangkat melalui kawasan Pelabuhan Lembar.

Dari hasil pantauan lainnya, puncak pergerakan pemudik yang melintas melalui kawasan Pelabuhan Lembar tercatat pada Kamis (28/4), tepat sehari sebelum pemerintah menetapkan hari cuti bersama untuk libur lebaran tahun 2022.

"Angka itu tercatat dalam rentang waktu pergerakan Selasa (26/4) sampai Sabtu (30/4). Kamis itu juga bersamaan dengan pelaksanaan hari pertama jajaran Polda NTB melaksanakan Operasi Ketupat Rinjani 2022. Hari itu tercatat 8.912 pemudik dengan jumlah 39 perjalanan, baik kapal yang tiba dan berangkat," kata Artanto di Mataram, Minggu (01/05).

Selanjutnya untuk sarana mudik yang digunakan masyarakat, kata Artanto cukup beragam. Mulai dari jenis kendaraan pribadi sampai kendaraan angkutan umum jenis bus. Ada juga terpantau truk angkut logistik. Jumlah kendaraan yang melintas melalui Pelabuhan Lembar, terhitung sejak 26-30 April 2022, ada sebanyak 13.217 unit kendaraan.

Sementara untuk hasil pantau, Minggu (1/5), intensitas pemudik di Pelabuhan Lembar dikatakannya kian menurun.

"Jadi penurunan jumlah pemudik itu terhitung mulai di hari puncak arus mudik, pada Kamis (28/4) itu. Ada kemungkinan akan terus demikian (terjadi penurunan) sampai hari lebaran," ucap dia.

Kawasan Pelabuhan Lembar merupakan salah satu gerbang masuk utama penyeberangan jalur darat dan laut milik NTB. Pelabuhan yang berada di bagian barat Pulau Lombok ini melayani sejumlah rute penyeberangan antarpulau. Baik rute penyeberangan dari Pelabuhan Padangbai, Bali, maupun yang berada di kawasan Jawa Timur, yakni Pelabuhan Perak, Ketapang, dan Tanjung Wangi.

Selain pergerakan dari arah barat, Pelabuhan Lembar juga melayani penyeberangan menuju Pelabuhan Waingapu, Nusa Tenggara Timur. Dalam situasi Indonesia yang memasuki tahun ketiga Pandemi COVID-19, kawasan Pelabuhan Lembar melayani pergerakan mudik lebaran tahun 2022 ini dengan mengaktifkan seluruh dermaga, baik yang berada di areal ASDP Lembar, maupun di Terminal Gilimas, dan Kedaro.

Topik Menarik