Amalan Hari Raya Idul Fitri

Amalan Hari Raya Idul Fitri

Gaya Hidup | inewsid | Minggu, 1 Mei 2022 - 13:24
share

JAKARTA, iNews.id - Setelah berpuasa menahan hawa nafsu sebulan penuh di Bulan Ramadhan, kini saatnya Muslim merayakan Lebaran. Ada beberapa amalan Hari Raya Idul Fitri yang bisa dilakukan untuk meraih keutamaan dan pahala.

Wakil Katib PWNU Jawa Barat, Dr KH Kurnali Sobandi mengatakan, hari raya Idul Fitri bagi umat Islam yaitu merayakan kegembiraan atas sempurnanya ibadah puasa satu bulan penuh yakni Bulan Ramadhan sebagaimana hari raya Idul Adha untuk merayakan kegembiraan atas sempurnanya pelaksanaan ibadah haji.

Kegembiraan di hari raya Idul Fitri setelah sempurnanya ibadah puasa sebulan penuh selama Ramadhan adalah dikarenakan pada hari itu Allah kembali mengunjungi hambanya dengan membawa kebaikan dan kegembiraan dengan diampuninya dosa-dosa, sehingga benar-benar kembali kepada fitrah Islamiyah, itulah sebabnya disebut hari raya Idul Fitri.

Amalan Hari Raya Idul Fitri

Untuk mengungkapkan rasa gembira, suka cita maka disunnahkan pada hari raya Idul Fitri dengan ungkapan tahniah (ucapan selamat) dan musafahah (salaman). Selain itu melakukan beberapa amalan.

Berikut 8 Amalan Hari Raya Idul Fitri yang disunnahkan:

1. Mandi

Disunnahkan untuk mandi sebelum berangkat ke tempat shalat Idul Fithri atau Idul Adha. Dasarnya adalah atsar yang dilakukan oleh Umar radhiyallahuanhu.

Bahwa Abdullah Ibnu Umar ibnul Khattab radhiyallahuanhu mandi pada hari raya fithri sebelum berangkat shalat.

Dasar ini memang tidak langsung dari Rasulullah SAW, namun dari praktek shahabat Nabi. Namun Al-Imam An-Nawawi rahimahullah mengomentari bahwa atsar di atas adalah atsar yang shahih, sebagaimana tercantum dalam kitab beliau, Al-Majmu\' Syarah Al-Muhadzdzab.

Sedangkan hadits yang menyebutkan bahwa Rasulullah SAW mandi pada dua hari raya, oleh sebagian ulama dikatakan sebagai hadits yang lemah.

:

Dari Ibnu Abbas radhiyallahuanhu berkata bahwa Rasulullah SAW mandi pada hari Idul Fithri dan Idul Adha. (HR. Ibnu Hibban)

2. Berparfum atau Memakai Wewangian

Disunnahkan bagi yang melakukan shalat Ied untuk memakai parfum dan wewangian. Salah satu hikmah karena akan bertemu dengan khalayak banyak dalam kesempatan itu.

3. Berpakaian Terbaik

Disunnahkan untuk mengenakan pakaian dan perhiasan yang terbaik di hari Raya, khususnya pada saat datang ke tempat shalat.

Dari Jabir radhiyallahuanhu bahwa Nabi SAW memiliki jubah yang dikenakannya pada saat dua hari raya dan hari Jumat. (HR. Al-Baihaqi).

4. Makan Sebelum Shalat

Disunnahkan untuk makan pagi atau sarapan terlebih dahulu sebelum melaksanakan shalat Idul Fithri. Dasarnya adalah hadits berikut ini :

Dari Anas bin Malik radliyallahuanhu berkata, Rasulullah tidak berangkat pada Idul Fithri hingga beliau memakan beberapa kurma. (HR. Bukhari)

Dalam hal ini Al-Imam Asy-Syafi\'i berfatwa dalam kitab Al-Umm :

Kami memerintahkan bagi yang mendatangi tempat shalat Ied untuk makan dan minum terlebih dahulu sebelum mendatangi tempat shalat. Bila tidak makan, kami perintahkan untuk makan di jalan atau di tempat shalat bila memungkinkan. Namun bila tidak, tentu tidak berdosa tetapi hukumnya makruh bila tidak dikerjakan.

5. Bertakbir

Disunnahkan buat orang yang melaksanakan shalat Idul Fithri dan Idul Adha untuk bertakbir. Masyru\'iyahnya ada pada Al-Quran Al-Karim.

Selain itu juga ada masyru\'iyah dari sunnah nabawiyah :

Dahulu orang-orang bertakbir di hari raya ketika mereka keluar dari rumah-rumah mereka hingga sampai di tempat shalat, sampai imam keluar, maka mereka pun diam. Bila imam bertakbir maka mereka pun bertakbir.

6. Beda Jalan Pergi dan Pulang

Disunnahkan untuk mengambil rute yang berbeda antara jalan pergi dan pulangnya.

7. Bertahniah

Disunnahkan untuk bertahniah yakni mengucapkan selamat Lebaran pada hari Raya Fithri maupun pada Idul Adha, karena keduanya merupakan hari yang dirayakan.

8. Berjabat Tangan

Saling berjabat tangan (mushafahah) atau bersalam-salaman. Mushafahah berjabatan tangan disunahkan ketika bertemu sesama muslim baik di hari raya maupun di hari-hari biasa.

Keutamaan mushafahah(berjabat tangan) sebagaimana hadis dari Barra bin Azib, Nabi Muhammad saw bersabda;

: ( )

Artinya:Dari Al-Barra bin Azib, Rasulullah saw. bersabda; tidak semata-mata dua orang Islam bertemu dan saling berjabatan tangan kecuali Allah mengampuni keduanya sebelum keduanya berpisah (HR. Abu Daud, Tirmizi, dan Ibnu Majah).

Topik Menarik