Potensi Kerumunan Tinggi, Polisi Awasi Tempat Wisata di Malang Selama Libur Lebaran

Potensi Kerumunan Tinggi, Polisi Awasi Tempat Wisata di Malang Selama Libur Lebaran

Gaya Hidup | okezone | Jum'at, 29 April 2022 - 00:03
share

SEJUMLAH tempat wisata di Kabupaten Malang, Jawa Timur turut menjadi perhatian pengamanan selama libur lebaran 2022.

Sebab, berbagai tempat tempat wisata tersebut diprediksi akan diserbu wisatawan yang hendak menghabiskan masa libur lebaran di Malang.

Melihat potensi tersebut, kepolisian membuat pos pengamanan mudik di Kecamatan Bantur, yang difungsikan mengontrol keamanan dan ketertiban di tempat-tempat wisata yang banyak terdapat di sekitar lokasi posko.

Kapolres Malang, AKBP Ferli Hidayat mengatakan, di Kabupaten Malang setidaknya ada 13 pos pengamanan pariwisata khusus yang disiapkan pihaknya. Pos pengamanan itu di luar pos yang menjadi bagian dari Operasi Ketupat Semeru 2022.

"Kami mendirikan 7 pos pengamanan dan satu pos pelayanan mudik 2022. Didukung pula dengan adanya 13 pos pengamanan tempat pariwisata," ucap Ferli.

Wisata Kota Malang

Ia menambahkan, pendirian pos pengamanan pariwisata yang dikelola oleh dinas terkait ini diharapkan bisa memudahkan kepolisian untuk memberikan pelayanan terhadap masyarakat.

Dirinya memprediksi tahun ini sejumlah tempat wisata unggulan di Kabupaten Malang terutama di selatan Kabupaten Malang bakal diserbu wisatawan. Pembatasan yang dilakukan pemerintah pusat membuat mobilitas masyarakat meningkat.

"Kita tahu dua tahun terakhir pengelolaan tempat wisata mengalami penurunan jumlah pengunjung karena Covid-19, pada tahun ini mobilitas pengunjung tempat wisata diperkirakan akan meningkat," ucapnya.

"Untuk itu kita imbau di tiap-tiap pos pengamanan pariwisata disediakan himbauan protokol kesehatan Covid-19," tambahnya.

Pihaknya mengingatkan, agar masing-masing pengelola tempat wisata patuh dengan aturan protokol kesehatan (prokes) yang ditentukan pemerintah. Apalagi saat ini Kabupaten Malang masih masuk wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level dua karena faktor capaian vaksinasi.

Topik Menarik