12 Ciri Gejala Kanker yang Ada Baiknya Diketahui

12 Ciri Gejala Kanker yang Ada Baiknya Diketahui

Gaya Hidup | genpi.co | Kamis, 28 April 2022 - 13:00
share

GenPI.co Jatim - Tumor ganas atau kanker memiliki gejala dan tanda yang bisa diketahui.

Beberapa kasus kanker memang tidak menunjukkan gejala hingga stadium lanjut atau parah sekalipun.

Namun, rata-rata memiliki gejala yang bisa dirasakan. Berikut ini beberapa gejala kanker bisa dikenali.

1. Berat badan turun

Biasanya penurunan berat badan terjadi karena tanpa sebab. Cancer Research UK menyebut, sekitar 60 dari 100 orang dengan penyakit kanker kehilangan nafsu makan dan penurunan berat badan.

Penurunan nafsu makan umumnya terjadi pada orang yang terkena kanker esofagus, kanker perut, kanker pankreas, atau organ lain yang berada pada saluran cerna atas. Selain itu juga terjadi pada kanker tulang.

2. Demam

Pada penderita kanker darah, seperti leukemia atau limfoma (kanker kelenjar getah bening) bisa saja demam menjadi gejala awal.

3. Tubuh terasa lelah

Penderita leukimia bisa menjadi pertanda awal. Beberapa jenis kanker melepas protein yang disebut sikotin, sehingga membuat tubuh kelelahan.

Kelelahan juga bisa disebabkan oleh sel kanker yang melemahkan otot, mengubah kinerja hormon dan mengurangi fungsi organ tubuh.

4. Rasa nyeri pada tubuh

Rasa nyeri bisa munculu sebagai tanda awal pada penderita kanker tulang atau kanker testis.

Setiap kanker berbeda gejala nyerinya. Pada penderita kanker ovarium atau kanker kolorektal, dirasakan di punggung. Sementara itu pada penderita kanker otak, terdapat rasa nyeri pada area sekitar kepala.

5. Pembengkakan kelenjar getah bening

Kelenjar getah bening akan membengkak saat tubuh terserang pertumbuhan sel kanker. Titik kelenjar getah bening berada di leher, ketiak, atau selangkangan.

6. Batuk berdarah

Gejala batuk berdarah biasa terjadi pada penderita kanker paru. Selain itu juga pada orang yang menderita kanker tenggorokan.

7. Kesulitan menelan

Ciri kanker esofagus atau kerongkongan paling umum adalah kesulitan menelan. Hal itu disebabkan kerongkongan yang menyempit karena kanker.

8. Gangguan pencernaan

Gejala awal yang bisa dirasakan pada penderita kanker lambung adalah merasakan mual, mulas, dan muntah.

Selain itu juga gejala lain yang bisa dilakukan yakni cepat kenyang meski baru makan sedikit, penurunan nafsu makan, dan penurunan berat badan.

Pada penderita kanker kolorektal yang terjadi pada usus besar dan rektum, biasanya akan terasa sembelit, diare, atau feses berdarah yang berkepanjangan.

9. Kebiasaan buang air kecil yang berubah

Gejala ini biasanya dirasakan pada penderita kanker kandung kemih. Jenis lainnya yakni kanker ginjal juga akan merasakan nyeri dan adanya darah.
Sementara pada penderita kanker prostat akan lebih sering buang air di waktu malam.

10. Perubahan warna kulit

Kanker kulit biasanya akan mengubah warna. Jenis kanker ini juga menimbulkan leukoplakia, yakni bercak putih yang terkait dengan kanker mulut.

11. Benjolan atau tanda lain pada kulit

Tanda ini bisa muncul pada penderita kanker kulit. Termasuk tahi lalat yang tidak normal, dengan mulanya berukuran kecil, tetapi seiring waktu berubah bentuk. Lalu membesar, kemerahan dan terasa nyeri.

12. Pendarahan tidak lazim di luar menstruasi

Ciri-ciri ini biasanya terjadi pada penderita kanker endometrium dan kanker serviks (leher rahim). (Hello Sehat)

Simak video pilihan redaksi berikut ini:

Topik Menarik