8 Oleh Oleh Khas Lampung yang Bisa Dibeli Saat Liburan ke Lampung

8 Oleh Oleh Khas Lampung yang Bisa Dibeli Saat Liburan ke Lampung

Gaya Hidup | katadata.co.id | Rabu, 27 April 2022 - 12:37
share

Libur panjang sebentar lagi tiba. Banyak di antara kita yang sudah merencanakan aktivitas liburan. Salah satu daerah yang bisa menjadi destinasi wisata yaitu Lampung. Di sana ada berbagai pilihan tempat wisata Lampung yang akan membuat liburan Anda semakin menyenangkan.

Salah satu hal yang tidak luput dilakukan saat sedang berlibur atau mengunjungi sebuah tempat yaitu berburu oleh-oleh khas daerah tersebut. Saat Anda berkunjung ke Lampung, ada beberapa makanan yang bisa Anda beli sebagai oleh oleh khas Lampung. Apa saja jenisnya? Berikut daftarnya.

Daftar Makanan yang Menjadi Oleh Oleh Khas Lampung

1. Keripik Pisang

Lampung merupakan salah satu daerah penghasil pisang terbesar di Indonesia. Wajar jika banyak makanan yang dibuat dari bahan dasar buah pisang. Salah satu yang kemudian menjadi makanan khas Lampung yaitu keripik pisang.

Sebenarnya keripik pisang merupakan camilan yang umum dijumpai diberbagai daerah. Namun, keripik pisang khas Lampung berbeda dengan keripik pisang di daerah lain. Keripik pisang Lampung memiliki rasa dan tekstur yang khas.

Hal tersebut dikarenakan bahan baku pembuatannya berasal dari pisang ambon, bukan pisang kepok seperti keripik pisang pada umumnya. Tak hanya itu, keripik pisang khas Lampung juga memiliki rasa yang beragam, mulai dari cokelat, keju, durian, stroberi, hingga rasa balado.

2. Pie Pisang

Olahan buah pisang lainnya yang juga menjadi oleh-oleh khas Lampung kekinian yaitu pie pisang. Kue yang satu ini memiliki tesktur garing di luar dan lembut di bagian dalam. Selain itu, makanan yang satu ini juga memiliki berbagai varian rasa dan topping.

Pie pisang ini diketahui bisa bertahan 3 5 hari dalam suhu ruang. Biasanya makanan ini dijual per boks, dengan isi per boks sebanyak lima pie pisang yang rasanya berbeda. Harganya cukup terjangkau, untuk pie pisang kecil dijual dengan harga Rp5000 sedangkan untuk ukuran yang lebih besar, dibanderol dengan harga Rp8.500.

3. Browkis

Oleh-oleh khas Lampung kekinian selanjutnya yaitu Browkis atau brownies kulit pusing. Seperti namanya, makanan ini terbuat dari kulit pisang sebagai bahan campurannya.

Tak usah risau, kulit pisang yang ditambahkan dalam makanan ini telah di proses sedemikian rupa sehingga tetap aman dikonsumsi dan rasanya juga enak. Jika ingin mencicipinya, Anda bisa datang ke Browkis House di Jalan M. Yunus Gang Sukawijaya No. 83, Kota Bandar Lampung.

4. Bejak Enjak

Bejak Enjak merupakan makanan tradisional Lampung dengan rasa manis dan gurih. Makanan yang satu ini mengandung banyak serat dan karbohidrat. Pasalnya, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Bejak Enjak, antara lain; gula, pisang raja, dan ketan putih. Setelah itu, adonan dibungkus dalam daun pisang dan dikukus.

Bejak Enjak termasuk oleh-oleh khas Lampung yang tahan lama, sehingga cocok dibawa ke luar daerah. Untuk mendapatkan makanan tradisional ini, Anda bisa membelinya di pusat oleh-oleh Lampung.

5. Lampung Bona Cake

Oleh oleh khas Lampung lainnya yaitu Lampung Bona Cake. Makanan ini memiliki tekstur yang lembut, mirip seperti Japanese Cheese Cake. Tak hanya itu, makanan ini juga memiliki beragam varian rasa yang bisa Anda pilih sesuai selera. Unuk harganya, Lampung Bona Cake ini dijual dengan harga sekitar Rp65.000 Rp68.000 per kotak.

6. Pempek Khas Lampung

Banyak di antara kita yang mengenal Pempek sebagai oleh oleh khas Palembang. Tapi ternyata, pempek tidak hanya ada di Palembang. Lampung juga memiliki pempek yang tak kalah enak dengan pempek dari Palembang.

Pempek khas Lampung ini terbuat dari ikan tenggiri yang disajikan dengan kuah cuka yang pekat. Rasa pempek ini juga sangat tajam dan enak. Makanan yang satu ini juga tidak mudah basi, sehingga bisa menjadi buah tangan saat Anda datang ke Lampung.

7. Kemplang

Kemplang khas Lampung tidak berbeda jauh Amplang, kerupuk ikan asal Palembang. Kedua makanan tersebut sama-sama terbuat dari ikan tenggiri. Namun, masyarakat Lampung lebih familiar dengan sebutan Kemplang dibanding Amplang.

Yang menjadikan makanan ini unik, yaitu pada proses penggorengannya. Kemplang tidak digoreng menggunakan minyak, melainkan menggunakan pasir. Tapi tenang saja, karena pasir yang digunakan pasir khusus untuk menggoreng jadi makanan yang dihasilkan tetap aman dikonsumsi.

Karena termasuk makanan kering, Kemplang menajdi oleh-oleh khas Lampung yang tahan lama. Cocok untuk Anda yang ingin membawanya ke luar daerah.

8. Manisan Khas Lampung

Makanan lain yang juga termasuk oleh oleh khas Lampung yaitu manisan asli Lampung. Manisan ini terbuat dari buah-buahan yang diawetkan dalam rendaman air gula selama beberapa waktu. Beberapa buah yang bisanya diolah menjadi manisan yaitu pepaya, salak, mangga, kedongdong, dan lain sebagainya.

Harga dari manisan khas Lampung ini cukup terjangkau. Untuk membeli 500 g manisan, Anda hanya perlu membayar sekitar Rp35.000. Makanan ini juga bisa tahan hingga dua minggu, jadi Anda bisa membeli dalam jumlah banyak sebagai stok.

Topik Menarik