Mudik Naik Kapal Feri? Jangan Lupa Reservasi Mandiri Agar Perjalanan Lancar

Mudik Naik Kapal Feri? Jangan Lupa Reservasi Mandiri Agar Perjalanan Lancar

Gaya Hidup | okezone | Rabu, 27 April 2022 - 11:05
share

PUNCAK arus mudik lebaran 2022 yang diprediksi jatuh pada 28-29 April mendatang makin dekat.

Untuk mencegah kepadatan yang dapat berimbas pada kelancaran pergerakan pemudik, ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengimbau agar pemudik yang akan melakukan perjalanan dengan kapal feri untuk berangkat lebih awal.

Para calon penumpang kapal bisa mengatur perjalanan sedini mungkin dengan melakukan reservasi mandiri melalui aplikasi Ferizy. Pengaturan berlaku untuk keberangkatan dari 4 pelabuhan utama, yakni Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk.

"Tentu menjadi harapan seluruh pihak bahwa perjalanan mudik dengan kapal feri tahun ini dapat berjalan lancar, aman, sehat dan selamat. Dibutuhkan kerjasama seluruh pengguna jasa untuk dapat mengikuti aturan dan prasyarat perjalanan yang telah ditetapkan," kata Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin.

Shelvy juga meminta pengertian pengguna jasa agar tetap bersabar dan disiplin dalam mengatur waktu perjalanan karena menjelang puncak arus mudik.

"Sebab pemudik dan kendaraan terus meningkat khususnya pada malam hingga dini hari sehingga berdampak pada antrean saat akan menuju ke kapal," ujarnya.

infografis

Menurut Shelvy, potensi peningkatan trafik penumpang dan kendaraan pada periode Lebaran tahun ini dikarenakan tidak adanya pemberlakuan larangan mudik dan penetapan hari libur dan cuti bersama yang cukup panjang hingga 20 hari. Namun pihaknya telah melakukan berbagai langkah antisipasi dengan memaksimalkan kapasitas, baik kapal dan terminal pelabuhan.

"Diprediksikan, puncak arus mudik pada tanggal 29 dan 30 April 2022 (H-3 dan H-2), dan prediksi arus balik pada tanggal 7 dan 8 Mei 2022 (H+4 dan H+5)," kata Shelvy.

Topik Menarik