Amalan dan Doa yang Dianjurkan di Malam Lailatul Qadar

Amalan dan Doa yang Dianjurkan di Malam Lailatul Qadar

Gaya Hidup | genpi.co | Senin, 25 April 2022 - 10:34
share

GenPI.co Kepri - Ada amalan dan doa yang dianjurkan di malam Lailatul Qadar. Paling utama adalah untuk meminta ampunan dosa.

Keistimewaan malam Lailatul Qadar ini telah disebutkan dalam Al Quran dalam Surat Al Qadr ayat 1 sampai 5.

Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar,.

Ayat tersebut menjelaskankeistimewaan malam Lailatul Qadaryang lebih baik dari seribu bulan.

Malam itu juga menjadi momen bagi malaikat untuk turun ke bumi dan mendoakan serta memberi salam kepada orang yang beribadah di malam tersebut.

Sayangnya waktu terjadinya malam Lailatul Qadar ini tidak bisa dipastikan seratus persen. Namun, para ulama sudah berusaha memprediksi kapan terjadinya malam mulia tersebut.

Rasulullah saw berpesan agar umat Muslim bersungguh-sungguh untuk meraih malam mulia ini. Dalam satu hadits beliau bersabda,

Artinya, Carilah Lailatul Qadar itu dalam malam ganjil dari sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan. (HR. Bukhari)

Melalui hadits tersebut, para ulama kemudian menyimpulkan bahwa malam Lailatul Qadar terjadi di malam ganjil dari sepuluh terakhir di bulan Ramadan.

Dilansir laman nu.or.id, ada beberapa amalan ibadah yang bisa dilakukan umat musil pada malam Lailatul Qadar.

Imam an-Nawawi dalam al-Adzkar (h. 221) menyebutkan, Rasulullah saw menganjurkan umat Muslim untuk memperbanyak memohon ampunan pada malam tersebut dengan doa berikut,

Allahumma innaka afuwwun tuibbul afwa fafu ann

Artinya, Wahai Tuhan, Engkau Maha Pengampun, menyukai orang yang minta ampunan, ampunilah aku.

An-Nawawi juga menjelaskan amalan-amalan lainnya yaitu perbanyak membaca Al Quran, zikir, dan doa-doa yang bermanfaat untuk umat Islam.

Keberadaan malam Lailatul Qadar yang tidak bisa diprediksi secara pasti, membuat para ulama menganjurkan agar amalam-amalan seperti membaca Al Quran, zikir, dan doa-doa sebaiknya diamalkan setiap hari selama Ramadan.

Harapanya aka nada satu malam yang saat amalam-amalan itu dilakukan bertepatan dengan malam Lailatul Qadar. (*)

Jangan sampai ketinggalan! Kamu sudah lihat video ini ?

Topik Menarik