Ini Buah-buahan yang Baik Dikonsumsi saat Makan Sahur

Ini Buah-buahan yang Baik Dikonsumsi saat Makan Sahur

Gaya Hidup | netralnews.com | Senin, 25 April 2022 - 09:56
share

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Puasa Ramadan merupakan rukun Islam yang ketiga yang wajib dilaksanakan umat Islam.

Sebelum berpuasa disunnahkan untuk makan sahur. Selain disunnahkan, makan sahur juga bisa membuat tubuh tetap fit dan tidak lemas.

Agar tidak lemas kita dapat mengkonsumsi makanan bergizi, salah satunya buah-buahan.

Berikut beberapa buah yang cocok untuk dijadikan makanan sahur, seperti yang dikutip dari berbagai sumber

1. Kurma

Buah ini merupakan salah satu buah yang selalu hadir saat bulan puasa.

Kurma direkomendasikan oleh banyak ahli sebagai buah terbaik untuk dimakan pada saat sahur maupun berbuka. Ini dikarenakan, kurma mengandung karbohidrat dan kalori yang mampu meningkatkan energi tubuh. Selain itu, kurma juga mengandung air yang bisa mencegah dehidrasi dan menambah cairan tubuh yang hilang selama berpuasa di siang hari.

Selain itu kurma juga mengandung vitamin dan nutrisinya cukup lengkap seperti glukosa, vitamin A, B2, B12, mineral, kalsium, sulfat, sodium, fosfor, potasium, dan magnesium. Rasa buah yang satu ini manis pekat dengan tekstur buah yang legit. Anda bisa memakan kurma secara langsung atau menjadikannya sebagai smoothies.

2. Pepaya

Pepaya mengandung banyak nutrisi, mulai dari beta karoten, vitamin C, E, antioksidan, antikarsinogenik hingga carotenoid.

Buah yang memiliki rasa manis ini juga mengandung enzim papain yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan dan sistem pencernaan serta imunitas tubuh.

3. Pisang

Jika Anda mempunyai riwayat maag, buah pisang ini sangat cocok dijadikan alternatif pengganti makanan sahur. Kandungan vitamin A, B1, B2, dan vitamin C dalam buah ini bisa membantu mengurangi asam lambung. Pisang nikmat dimakan langsung, dipanggang dengan aneka topping, atau diblender menjadi banana smoothie dengan rasa manis alami dan tekstur yang creamy.

4. Apel

Apel mengandung serat yang tinggi, sehingga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama saat berpuasa.

Kandungan pektin pada apel dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dan gula darah di dalam tubuh.

Namun, mengingat zat gizi konsentrat pada buah apel terletak pada bagian bawah kulitnya. Akan lebih bermanfaat jika apel langsung dikonsumsi tanpa dikupas.

5. Alpukat

Buah alpukat, salah satu buah yang terkenal memiliki serat dan kandungan lemak yang mampu stabilkan kolesterol. Alpukat sendiri bisa diolah menjadi banyak minuman yang rasanya enak.

6. Kiwi

Sama seperti buah apel, buah kiwi juga memiliki kandungan serat yang tinggi, yang mampu membuat seseorang merasa kenyang lebih lama. Buah ini baik dikonsumsi guna menjaga kesehatan organ pencernaan, serta mencegah terjadinya sembelit. Selain itu, kandungan gula fruktosa yang rendah dalam kiwi dapat membantu tubuh untuk memecah glukosa, sehingga kadar gula dalam darah terjaga dengan baik.

7. Mangga

Kandungan vitamin A, E, dan C dalam buah mangga ternyata bisa membantu memaksimalkan proses detox selama puasa. Saat sahur, mangga paling cocok disajikan dengan cara dijadikan jus. Pastikan anda memilih buah mangga yang sudah benar-benar matang agar rasanya manis. Mengkonsumsi buah mangga yang asam hanya akan membuat perut anda jadi tidak nyaman di pagi hari dan selam berpuasa.




Topik Menarik