Pakai Sunscreen Dalam Ruangan, Perlukah?

Pakai Sunscreen Dalam Ruangan, Perlukah?

Gaya Hidup | yesdok.com | Minggu, 24 April 2022 - 20:10
share

Kebutuhan vitamin D tubuh bisa dipenuhi dengan berjemur sinar matahari. Vitamin D ini sangat berperan penting bagi tubuh baik pada anak-anak hingga orang dewasa. Namun, paparan sinar matahari yang berlebihan bisa memberikan dampak buruk pada kesehatan kulit. Untuk itu, Anda disarankan menggunakan sunscreen agar kulit tetap terlindungi dari sinar matahari langsung. Tapi, perlukah menggunakan sunscreen meski berada dalam ruangan?

Faktanya, paparan sinar matahari atau sinar UV, baik UVA ataupun UVB tetap bisa masuk ke dalam ruangan melalui sela-sela kaca, pintu, atau jendela. Bahkan hal tersebut tidak menutup kemungkinan ketika cuaca sedang mendung sekalipun. Penggunaan sunscreen dalam ruangan ini bukan tanpa alasan. Paparan sinar UV secara terus menerus dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit dan meningkatkan risiko kanker kulit.

Ciri penuaan dini akibat paparan sinar UV adalah munculnya garis-garis halus pada wajah, kerutan hingga noda hitam atau hiperpigmentasi dan berkurangnya elastisitas kulit. Bahkan menurut sebuah penelitian, sekitar 80% penuaan kulit wajah disebabkan oleh sinar matahari. Parahnya, sinar UVA ini mampu merusak dan menyebabkan kanker kulit yang mematikan seperti melanoma.

Selain melindungi wajah dari paparan sinar matahari, wajib diketahui ternyata sunscreen juga dapat melindungi kulit dari bahaya sinar lain. Menurut penelitian, sinar biru yang berasal dari perangkat elektronik seperti gadget, komputer, laptop dan lainnya dapat memberikan dampak negatif yang sama seperti sinar UV matahari. Jadi, penggunaan sunscreen di dalam ruangan memang diperlukan dan mitos belaka.

Sunscreen bisa dipakai setiap hari. Cara pemakaian sunscreen yang tepat yakni digunakan pada pagi hari minimal 30 menit sebelum beraktivitas. Gunakan sunscreen saat menggunakan sunscreen, kulit dalam keadaan kering. Sebenarnya penggunaan sunscreen bisa dipakai hanya satu kali saja. Namun jika beraktivitas, wajah Anda berkeringat atau terkena air bisa menggunakan sunscreen kembali dan mengoleskan kembali sunscreen setiap dua jam. Untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, Anda bisa memilih sunscreen dengan kandungan SPF yang tidak terlalu tinggi minimal 30.

(Foto: real simple)

Topik Menarik