Selain Mekkah, Ini 5 Destinasi Wisata Religi Islam yang Ada di Berbagai Negara

Selain Mekkah, Ini 5 Destinasi Wisata Religi Islam yang Ada di Berbagai Negara

Gaya Hidup | journal.sociolla.com | Minggu, 24 April 2022 - 09:00
share

Persiapan menuju endemik, nampaknya semakin banyak negara termasuk Indonesia yang melonggarkan peraturan untuk perjalanan ke luar negeri. Tentunya hal ini merupakan kabar baik bagi para pecinta traveling yang mungkin hampir 2 tahun belakangan ini membatasi diri untuk bepergian. Nah, jika kamu berniat menghabiskan libur lebaran untuk plesir ke luar negeri, beberapa destinasi wisata religi untuk umat muslim berikut bisa jadi pilihan menarik untuk dikunjungi.

Madinah, Arab Saudi

5-destinasi-wisata-religi-para-umat-muslim

Masjid Nabawi, Madinah

Madinah merupakan salah satu kota yang wajib dikunjungi ketika pergi ke Arab Saudi. Selain tempat ziarah, di kota suci kedua setelah Mekkah ini terdapat banyak tempat yang indah untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Raudhah atau taman surga, yang terletak di dalam kawasan Masjid Nabawi. Dahulu, Raudhah menjadi tempat bagi Nabi Muhammad untuk beribadah, memimpin salat, hingga menerima wahyu.

Fez, Maroko

5-destinasi-wisata-religi-para-umat-muslim

Masjid Al Karaouine di Fez, Maroko

Maroko menjadi negara di benua Afrika yang kental akan jejak sejarah Islamnya. Tak heran jika mayoritas masyarakat dari negara yang terkenal dengan arsitektur indahnya ini memeluk agama Islam. Oh iya, di Maroko terdapat sebuah kota bernama Fez yang disebut sebagai pusat perkembangan sejarah Islam.

Kota tersebut juga sering disebut sebagai kota orang suci karena menurut sejarahnya, banyak tokoh Islam yang meninggalkan jejak di sini. Jadi, jangan lupa ke Fez, ya, saat berkunjung ke Moroko, karena di sana terdapat Masjid Al-Qarawiyyin yang tak lain adalah masjid sekaligus universitas tertua di dunia.

Istanbul, Turki

5-destinasi-wisata-religi-para-umat-muslim

Blue Mosque, Istanbul

Seperti yang kita tahu, Turki memang jadi salah satu negara yang kental dengan peradaban muslim. Tak heran jika negara yang berada di wilayah Anatolia atau Asia Kecil ini sering dikunjungi oleh orang-orang yang ingin belajar maupun menyusuri jejak sejarah perkembangan Islam.

Istanbul menjadi salah satu kota di Turki yang terdapat banyak landmark bersejarah yang patut dijadikan destinasi wisata religi. Pasalnya di sana terdapat banyak landmark bersejarah, seperti Museum of Turkish and Islamic Art, Blue Mosque, hingga Hagia Sophia.

Andalusia, Spanyol

5-destinasi-wisata-religi-para-umat-muslim

The Alhambra Palace, Granada

Saat berlibur ke Spanyol, biasanya orang akan pergi ke Barcelona, Valencia, atau Madrid. Namun, bagi kamu yang ingin pergi libur lebaran ke negara Eropa Selatan ini bisa mencoba mengunjungi wilayah Andalusia, seperti Sevilla dan Granada yang ternyata merupakan pusat sejarah budaya dan penyebaran Islam di negeri Matador tersebut.

Diwilayah Andalusia, Spanyol, sendiri terdapat banyak bangunan bersejarah dengan arsitektur menawan dan nuansa islam. Di antaranya adalah The Alhambra Palace, Cordoba Mezquita alias Masjid Agung Crdoba, serta Royal Alczar of Seville

Amman, Yordania

5-destinasi-wisata-religi-para-umat-muslim

Pahatan PETRA di Amman, Yordania

Yordania merupakan salah satu negara di Timur Tengah yang juga memiliki jejak sejarah Islam yang kenal. Salah satu kota yang bisa dikunjungi adalah Amman, yang tak lain adalah ibukota dari negara yang berbatasan dengan Irak, Israel, Lebanon, dan Saudi Arabia.

Di kota tersebut ada banyak destinasi wisata religi muslim yang patut dikunjungi. Salah satunya adalah PETRA, yang merupakan pa hatan di atas bebatuan peninggalan kaum tsamud di zaman Nabi Saleh. Selain itu, di Amman juga terdapat makam para Nabi seperti Nabi Sulaiman, Nabi Harun sampai sahabat Nabi seperti Jafar Bin Abu Thalib, Bilal bin Raba.

Itu tadi beberapa destinasi yang bisa jadi referensi untuk kamu yang ingin menikmati libur lebaran dengan wisata religi Islam . Namun ingat, demi keamanan dan kesehatan jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan, ya.

Topik Menarik