15 Makanan Astronot saat di Luar Angkasa, Mau Coba?

15 Makanan Astronot saat di Luar Angkasa, Mau Coba?

Gaya Hidup | okezone | Kamis, 21 April 2022 - 22:46
share

MAKANAN astronot saat di luar angkasa membuat sejumlah netizen penasaran. Makanan yang dibawa ke luar angkasa harus ringan, padat, enak dan bergizi. Selain itu, juga harus awet lama tanpa pendinginan.

Jadi penasaran kan? Makanan seperti apa yang dikonsumsi oleh para astronot selama penerbangan? Berikut telah MNC Portal Indonesia rangkum 15 makanan astronot saat di luar angkasa, dikutip dari Showbiz Cheat Sheet, Kamis (21/4/2022).

1. Makaroni dan keju yang bisa direhidrasi

Makanan Astronot Saat di Luar Angkasa

(Makanan Astronot Saat di Luar Angkasa, Foto: Cheatsheet)

NASA menjelaskan, astronot lebih banyak makan makanan yang bisa direhidrasi. Ilmuwan makanan dapat menghemat berat selama peluncuran dengan menghilangkan air dari banyak makanan. Kemudian, para astronot menggunakan air yang dihasilkan oleh sel bahan bakar pesawat ruang angkasa untuk merehidrasi makanan tersebut.

Makanan rehidrasi yang dimakan astronot termasuk makanan pembuka seperti koktail udang, sup seperti ayam consomm dan krim jamur, dan bahkan casserole seperti ayam dan nasi atau makaroni dan keju. Astronot juga makan sereal sarapan, dalam kemasan dengan susu kering dan gula, yang direhidrasi sesaat sebelum mereka memakannya.

2. Tuna dan salmon termostabilisasi

Makanan termostabilisasi menjalani pemrosesan panas untuk menghancurkan mikroorganisme dan enzim berbahaya. Kedengarannya cukup berteknologi tinggi, tapi Anda mungkin sudah makan makanan ini sendiri. Makanan yang dimaksud di sini, seperti ikan yang distabilkan dalam kaleng, sama seperti tuna dan salmon kalengan yang bisa Anda beli di toko bahan makanan.

3. Jus jeruk bubuk

Astronot harus merehidrasi minuman pilihan mereka. NASA mengungkap, semua minuman datang dalam bentuk bubuk. Astronot dapat memilih di antara pilihan seperti kopi, teh, sari apel, limun, dan bahkan jus jeruk. Setiap minuman datang dalam paket yang terbuat dari laminasi foil. Nantinya, astronot akan menggunakan adaptor pada paket untuk menghubungkannya ke dispenser air untuk bisa menikmati minuman tersebut.

4. Kalkun iradiasi

Astronot juga memakan makanan yang diiradiasi. Proses ini tidak membuat makanan menjadi radioaktif, justru memperpanjang umur simpan makanan dengan menghilangkan mikroorganisme dan serangga. Nah, astronot kerap makan berbagai macam makanan yang diiradiasi, salah satunya kalkun asap.

5. Tortilla

Makanan Astronot Saat di Luar Angkasa

(Makanan Astronot Saat di Luar Angkasa, Foto: Cheatsheet)

NASA menjelaskan, tortilla adalah makanan pengganti roti bagi para astronot. Bahkan, tortilla menjadi bagian dari diet astronot berkat Rodolfo Neri Vela, seorang spesialis muatan dari Meksiko, yang terbang dengan pesawat ulang-alik pada tahun 1985.

6. Buah-buahan dan sayuran

Astronot juga memakan buah-buahan dan sayuran segar di Stasiun Luar Angkasa Internasional. Akan tetapi, makanan ini harus segera dimakan karena mudah rusak atau busuk.

7. Saus apel dalam tabung

Menurut NASA, astronot Amerika pertama yang makan di luar angkasa makan saus apel yang diperas dari tabung, seperti pasta gigi aluminium tanpa embel-embel. Ini adalah makanan yang dikonsumsi John Glenn selama misi luar angkasa Merkurius 1962.

8. Sandwich salad ham

Anda mungkin pernah mendengar tentang salad telur, salad ayam , dan bahkan salad tuna. Tapi apa itu sandwich salad ham? Ini adalah akanan pertama yang dimakan di bulan, menurut Time. Dikatakan, Neil Armstrong dan Buzz Aldrin adalah orang pertama mengonsumsi makanan ini di bulan.

9. Koktail udang beku-kering

Makanan paling populer di ISS adalah koktail udang beku-kering. Makanan ini biasa disajikan dengan saus bubuk lobak agar lebih lezat.

10. Sandwich berlapis gelatin dan kubus kue

Makanan astronot selanjutnya adalah sandwich berlapis gelatin dan kubus kue. Makanan berlapis gelatin mungkin terdengar sangat menjijikkan. Tetapi lapisan gelatin itu bertujuan untuk mengurangi jumlah remah yang beterbangan, karena bisa mengacaukan peralatan atau masuk ke mata astronot.

Topik Menarik