Mau Investasi Aset Kripto? Baca Ini Dulu

Mau Investasi Aset Kripto? Baca Ini Dulu

Gaya Hidup | gatra.com | Kamis, 21 April 2022 - 16:21
share

Jakarta, Gatra.com - Aset kripto sekarang ini menjadi salah satu tujuan investasi yang cukup digandrungi khususnya oleh kaum milenial. Sayangnya, masih banyak milenial yang tidak memahami sistem tukar-menukar atau trading aset kripto ini.

Menurut CEO Indodax, Oscar Darmawan, salah satu yang paling penting dalam trading kripto agar dapat menuai profit adalah manajemen waktu dan keuangan. Seorang trader tidak perlu setiap saat memantau pergerakan kripto, namun perlu menentukan waktu trading yang tepat dan bisa membagi waktu dengan aktivitas lain.

Untuk memiliki kemampuan manajemen waktu memang perlu dilatih terus menerus dan tidak bisa instan, katanya di Jakarta, Kamis (21/4).

Seorang trader juga perlu memiliki kemampuan manajemen keuangan yang baik dan perlu membuat pos-pos keuangan tertentu agar bisa menentukan berapa modal yang akan dikeluarkan untuk trading. Trader pun dapat memanfaatkan fitur stop loss untuk meminimalisir kerugian apabila harga aset turun lebih dalam lagi.

Sebelum bertransaksi aset kripto, seorang trader perlu membuat semacam rencana trading. Aset kripto mana saja yang akan dibeli, serta manajemen risiko jika sewaktu-waktu tidak sesuai dengan rencana.

Aset kripto yang akan dibeli harus diperhatikan likuiditasnya. Trader bisa melakukan analisis dengan melihat perkembangan grafik naik turunnya harga aset kripto tersebut ataupun dengan mengumpulkan beragam informasi seperti kapitalisasi pasar, supply dan demand-nya, komunitasnya, teknologinya, dan berita seputar progres aset kripto bahkan berita perkembangan ekonomi makro dunia, jelas Oscar.

Terakhir, menjadi seorang trader juga tidak boleh merasa cepat puas. Jangan sampai berhenti untuk belajar ataupun berfokus pada kesalahan dan kegagalan di masa lampau.

Topik Menarik