Jangan Langsung Sikat Gigi Setelah Makan Sahur, Ini Alasannya...

Jangan Langsung Sikat Gigi Setelah Makan Sahur, Ini Alasannya...

Gaya Hidup | herstory | Kamis, 21 April 2022 - 06:00
share

Menyikat gigi merupakan rutinitas yang penting untuk dilakukan supaya kebersihan dan kesehatan mulut tetap terjaga. Namun, kamu enggak boleh menyikat gigi asal-asalan, ya.

Selain itu, rupanya kamu juga enggak dianjurkan untuk menyikat gigi tepat setelah makan. Waktu yang tepat adalah 30 menit hingga satu jam setelah makan.

Jadi, sebaiknya kamu menghindari menyikat gigi setelah menyantap makan sahur dan berbuka puasa. Namun, apa alasannya, ya?

Melansir dari berbagai sumber (21/4/2022), setelah makan, mulut akan mengalami kondisi asam karena reaksi kimia antara makanan dan saliva (air liur).

Kondisi asam akan meningkat kalau kamu mengonsumsi makanan, seperti jus jeruk, buah jeruk, buah kering, roti, dan kue kering.

Senyawa asam akan berada di permukaan gigi. Kalau kamu menyikat gigi saat kondisi mulut asam, itu justru bisa mempercepat proses pengikisan gigi.

Permukaan gigi yang terkikis bisa menyebabkan masalah berupa gigi berlubang. Maka dari itu, kamu perlu menghindari menyikat gigi tepat setelah makan.

Menurut American Dental Association atau Asosiasi Dokter Gigi Amerika, memberikan jeda 60 menit setelah makan sebelum menyikat gigi adalah waktu yang tepat, apalagi setelah konsumsi makanan asam.

Nah, itulah alasan mengapa kamu perlu menghindari menyikat gigi tepat setelah makan. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik