Loading...
Loading…
9 Maskapai Dunia yang Izinkan Penumpang Naik Tanpa Masker, Ada dari Indonesia?

9 Maskapai Dunia yang Izinkan Penumpang Naik Tanpa Masker, Ada dari Indonesia?

Gaya Hidup | okezone | Selasa, 19 April 2022 - 03:15

DAFTAR maskapai yang izinkan penumpangnya tanpa masker berikut ini memang sudah mulai melonggarkan protokol kesehatan terkait Covid-19. Kabar ini tentunya menjadi hal yang baru di dunia, pasalnya sejak adanya pandemi Covid-19, setiap maskapai mewajibkan penumpang memakai masker.

Karena Covid-19 kini mulai mereda di seluruh dunia, beberapa maskapai pun menghapuskan penggunaan masker sebagai syarat peerbangan mereka. Siapa saja? Dihimpun dari Travel and Leisure , simak selengkapnya berikut ini.

1. British Airways (Inggris)

Maskapai asal Inggris, British Airways, mulai mengizinkan penumpang untuk naik pesawat tanpa masker, jika tempat atau negara tujuan penerbangan juga memiliki aturan pembebasan masker, seperti ke Jerman dan Kuwait. Meski demikian, maskapai ini masih mewajibkan penggunaan masker pada penerbangan ke tujuan-tujuan yang mana mereka belum dapat 'mengklarifikasi pembatasan lokal'.

"Untuk tujuan di mana kami telah menetapkan bahwa mengenakan penutup wajah tidak diamanatkan, Anda dapat membuat pilihan pribadi dan kami dengan hormat meminta semua orang untuk menghormati preferensi masing-masing," tulis maskapai itu dalam panduannya.

Baca Juga :
Dijamin Nyaman, Berikut Daftar Maskapai di Penerbangan Domestik

2. easyJet (Inggris)

Maskapai easyJet yang juga berasal dari Inggris turut memberlakukan aturan pembebasan masker di atas pesawat mulai 27 Maret 2022. Persyaratannya pun sama dengan maskapai British Airways, yakni jika di tempat pemberangkatan dan kedatangan sudah ada aturan jelas yang mengizinkan penumpang untuk tidak mengenakan masker.

Aturan bebas masker itu khusus untuk penerbangan di mana masker tidak lagi diwajibkan secara hukum di kedua ujung rute, mencakup sebagian besar penerbangan domestik Inggris serta penerbangan antara Inggris dan Denmark, Gibraltar, Islandia, dan Hongaria.

3. Icelandair (Islandia)

Maskapai yang berbasis di Islandia ini menerapkan aturan pemakaian masker opsional pada beberapa penerbangan terhitung 23 Maret 2022, beberapa minggu setelah Islandia mencabut semua pembatasan perjalanan terkait COVID-19. Namun, pemakaian masker masih diwajibkan di penerbangan ke dan dari Kanada, AS, Jerman, Paris, dan Zurich.

4. Jet2 (Inggris)

Maskapai penerbangan Inggris Jet2 menjadi maskapai pertama yang membatalkan persyaratan masker pada bulan Maret lalu.

Baca Juga :
Pariwisata Bali Bangkit, Bandara Ngurah Rai Target 9 Juta Penumpang Tahun Ini

Penumpang tidak lagi diwajibkan memakai masker di Inggris atau Irlandia Utara, tetapi penumpang berusia 6 tahun ke atas yang bepergian di Skotlandia tetap harus memakainya.  

5. Virgin Atlantic (Amerika Serikat)

Virgin Atlantic mengubah kebijakan penggunaan masker pada 16 Maret, mengizinkan para penumpang untuk memilih apakah mereka mengenakan masker, termasuk pada penerbangan ke Barbados, St. Lucia, Antigua, Grenada, Bahama, Jamaika, St. Vincent & Grenadines, dan Trinidad & Tobago.

Namun, penumpang berusia di atas 12 tahun yang hendak bepergian ke atau dari New Delhi dan Mumbai (India), Islamabad dan Lahore (Pakistan), Hong Kong, Johannesburg (Afrika Selatan), Lagos (Nigeria), Shanghai (China), dan Tel Aviv (Israel) masih tetap wajib mengenakan masker.

Original Source

Topik Menarik