Ceramah Tentang Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan, Bisa Menghapus Dosa

Ceramah Tentang Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan, Bisa Menghapus Dosa

Gaya Hidup | inewsid | Senin, 18 April 2022 - 08:52
share

JAKARTA, iNews.id - Ceramah tentang keutamaan sedekah di bulan Ramadhan berikut ini mungkin dapat menginspirasi bagi umat Islam. Seperti diketahui bersama, bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah dan ampunan Allah SWT.

Di bulan Ramadhan ini, maka umat muslim sebaiknya berlomba meraih pahala sebesar-besarnya dengan melakukan amalan-amalan baik. Salah satu amalan baik yang sangat dianjurkan dan dapat menjadi penyempurna ibadah puasa adalah sedekah.

Berikut ini adalah ceramah tentang keutamaan sedekah di bulan Ramadhan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT tuhan semesta alam yang telah memberi kita nikmat yang berlimpah hingga detik ini. Tak lupa shalawat serta salam marilah kita curah limpahkan kehadirat baginda Nabi Muhammad Saw, yang akan memberikan kita syafaat di yaumul akhir.

Hadirin yang terhormat,

Hari ini kita masih diberikan nikmat dapat dipertemukan kembali dengan Bulan Ramadhan, bulan suci yang penuh berkah, ampunan dan rahmat Allah SWT.

Salah satu ibadah utama yang sangat dianjurkan di bulan Ramadhan adalah sedekah. Di bulan-bulan biasa, Islam pada dasarnya telah menganjurkan untuk bersedekah. Bahkan dalam konteks tertentu, sedekah bisa menjadi ibadah yang wajib.

Di bulan Ramadhan, setiap umat muslim dianjurkan untuk semakin memperbanyak sedekah. Sebab sedekah merupakan amalan yang dicintai Allah SWT.

Dalam HR. At-Tirmidzi disebutkan bahwa, Sedekah paling utama adalah sedekah di bulan Ramadhanamadhan. Kemudian sedekah juga merupakan bagian dari sikap dermawan yang disukai oleh Allah SWT. Sebagaimana yang terdapat dalam HR. Al Baihaqi sebagai berikut.

Sesungguhnya Allah SWT itu Maha Memberi, Ia mencintai kedermawanan serta akhlak yang mulia, Ia membenci akhlak yang buruk.

Syekh Ibrahim AL-Bajuri pernah berkata tentang sedekah seperti berikut ini.

Artinya, (Orang berpuasa) dianjurkan segera memperbanyak sedekah karena Rasulullah SAW adalah orang paling murah hati di bulan ramadhan. Seseorang dapat melakukan kebaikan secara umum karena ganjaran amal kebaikan apapun bentuknya akan dilipatgandakan dibandingkan ganjaran amal kebaikan yang dilakukan di luar bulan Ramadhan.

Sedekah atau shodaqoh berasal dari kata "shadaqa" yang memiliki arti jujur, benar, memberi dengan ikhlas. Orang yang bersedekah berarti telah jujur kepada dirinya sendiri mengenai kelebihan yang telah diberikan Allah kepadanya dan harus dibagikan kepada sesama.

Dalam arti lebih luas, sedekah bukan hanya soal harta. Paling sederhana, memberikan senyum dan nuansa kebahagiaan kepada orang lain juga bisa dikatakan sedekah.

Dalam konteks Ramadhan, bersedekah bisa diwujudkan misalnya dalam bentuk memberikan makan sahur atau buka kepada muslim yang membutuhkan. Atau menularkan ilmu dan nilai-nilai kebaikan kepada sesama.

Sedekah juga sama dengan memberikan keberkahan pada harta yang kita dapatkan. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya. (HR. Muslim, no. 2588)

Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan

Salah satu keutamaan sedekah adalah dapat menghapus dosa-dosa yang pernah diperbuat. Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda:

Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api. (H.R. At-Tirmidzi)

Diampuninya dosa melalui sedekah tentunya harus disertai taubat atas dosa yang dilakukan. Jangan berpikir bahwa tindakan maksiat dan dosa seperti korupsi, riba, mencuri, berbuat curang, atau mengambil harta anak yatim akan langsung impas jika ditebus dengan sedekah.

Apalagi jika direncanakan dengan sengaja. Yang demikian justru sama sekali tidak dibenarkan karena termasuk sikap \'suap\' agar merasa aman dari murka Allah. Allah Taala berfirman:

Maka apakah mereka merasa aman dari azab Allah? Tiada yang merasa aman dan azab Allah kecuali orang-orang yang merugi. (QS. Al Araf: 99)

Selain untuk menghapus dosa, keutamaan sedekah yang lain adalah mendapatkan naungan di hari akhir.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam pernah menceritakan tentang 7 jenis manusia yang mendapat naungan di suatu hari yang ketika itu tidak ada naungan lain selain dari Allah, yaitu hari akhir. Salah satu jenis manusia yang mendapatkannya adalah mereka yang bersedekah.

Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya. (HR. Bukhari no. 1421)

Dalam sebuah riwayat juga mengatakan, terdapat pintu surga yang hanya dapat dimasuki oleh orang-orang yang bersedekah.

:

Orang memberikan menyumbangkan dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga: Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan. Jika ia berasal dari golongan orang-orang yang suka mendirikan shalat, ia akan dipanggil dari pintu shalat, yang berasal dari kalangan mujahid, maka akan dipanggil dari pintu jihad, jika ia berasal dari golongan yang gemar bersedekah akan dipanggil dari pintu sedekah. (HR. Bukhari no.3666, Muslim no. 1027)

Selain yang dijelaskan pada hadits di atas, masih banyak lagi keutamaan sedekah di bulan Ramadhan. Misalnya saja, sedekah dapat menjadi bukti keimanan seseorang. Jika berbicara tentang kematian, sedekah juga dapat membebaskan seseorang dari siksa kubur.

Dan yang pasti, sedekah yang dilakukan dengan rasa tulus dan keikhlasan akan mendapatkan balasan istimewa dari Allah baik secara langsung di dunia maupun di hari akhir kelak.

Wallahu A\'lam

Itulah isi ceramah tentang keutamaan sedekah di bulan Ramadhan yang dapat menjadi renungan sekaligus motivasi penting bagi umat islam yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Semoga kita semua menjadi orang-orang yang diridhoi dan mendapatkan naungan dari Allah SWT.

Topik Menarik