Doa Agar Dipertemukan dengan Bulan Ramadhan, Mohon Ampun dan Keberkahan

Doa Agar Dipertemukan dengan Bulan Ramadhan, Mohon Ampun dan Keberkahan

Gaya Hidup | inewsid | Sabtu, 16 April 2022 - 16:50
share

JAKARTA, iNews.id - Doa agar dipertemukan dengan bulan Ramadhan akan selalu dicari menjelang berakhirnya bulan puasa. Karena keistimewaannya, orang-orang ingin kembali dipertemukan di tahun yang akan datang.

Salah satu tanda keimanan dari seorang mukmin adalah merasa bergembira ketika akan datangnya bulan Ramadhan. Namun selain itu, umat muslim juga pantas merasa bersedih ketika bulan Ramadhan berakhir dan berharap dapat dipertemukan kembali.

Hal itu tak lain karena bulan Ramadhan adalan bulan suci penuh keberkahan dan ampunan Allah SWT. Oleh karenanya, seorang muslim hendaknya berdoa memohon agar senantiasa dipertemukan dengan Ramadhan.

Terlebih, kita semua tidak mengetahui umur masing-masing. Kita tidak mengetahui apakah Allah akan mengizinkan kita bertemu dengan Ramadhan yang akan datang.

Baik menjelang atau di penghujung Ramadhan, membaca doa berikut ini penting agar kita senantiasa diridhoi untuk bertemu dan beribadah di bulan Ramadhan.

1. Doa Agar Dipertemukan dengan Bulan Ramadhan (Jelang Bulan Ramadhan)

Jika dalam kondisi menjelang bulan Ramadhan, boa menyambut bulan Ramadhan ini diajarkan oleh Rasulullah dan diterapkan oleh para sahabat. Doa ini juga dimaksudkan agar dipertemukan dengan bulan Ramadhan yang semakin dekat.

.

Artinya: Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Syaban, serta berkahilah kami di bulan Ramadhan, (HR Ahmad No 2346).

Selain itu, ada juga doa yang digunakan untuk menyambut Ramadhan, tepatnya di awal Ramadhan dan diucapkan ketika melihat Hilal. Isi doa tersebut adalah permohonan pertolongan kepada Allah diberi keselamatan di bulan puasa. Doa tersebut yakni:

.

Artinya: Allahu akbar, ya Allah jadikanlah Hilal itu bagi kami dengan membawa keamanan dan keimanan, keselamatan dan islam, dan membawa taufik yang membimbing kami menuju apa yang Engkau cintai dan Engkau ridai. Tuhan kami dan Tuhan kamu (wahai bulan), adalah Allah. (HR Ahmad no 888, Ad-Darimi no 1729, dan dinilai shahih oleh Syu\'aib Al-Arnauth dalam Taliq Musnad Ahmad, 3/171).

2. Doa Agar Dipertemukan dengan Ramadhan Kembali (Jelang Akhir Ramadhan)

Seorang mukmin pasti merasa sedih jika bulan Ramadhan akan berakhir. Doa utama yang terucap salah satunya adalah agar dipertemukan kembali dengan Ramadhan tahun-tahun berikutnya.

Artinya: Ya Allah, janganlah Kau jadikan bulan Ramadhan ini sebagai Bulan Ramadhan terakhir dalam hidupku. Jika Engkau menjadikannya sebagai Ramadhan terakhirku, maka jadikanlah aku sebagai orang yang Engkau sayangi.

- Mohon Ibadah Puasa Diterima

Wahai Tuhan kami, terimalah puasa kami, shalat kami, ruku\' kami, sujud kami dan tilawah kami. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui"

- Mohon Ampunan

Selain memohon agar puasa diterima dan dipertemukan dengan bulan Ramadhan lagi, yang tak kalah penting adalah doa memohon ampunan.

"Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf, suka pemaaf, maka maafkanlah daku.

Itulah doa agar dipertemukan dengan bulan Ramadhan baik menjelang datangnya bulan suci maupun berakhirnya bulan penuh keberkahan tersebut.

Semoga kita semua senantiasa dalam lindungan Allah SWT.

Topik Menarik