Ketua Komnas PA Ikut Bahagia Anak Vanessa Angel Jatuh ke Tangan yang Tepat, Doddy Soedrajat Kena Sentil?

Ketua Komnas PA Ikut Bahagia Anak Vanessa Angel Jatuh ke Tangan yang Tepat, Doddy Soedrajat Kena Sentil?

Gaya Hidup | herstory | Kamis, 14 April 2022 - 22:09
share

Hak perwalian anak mendiang Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah sudah diputuskan. Haji Faisal ditetapkan sebagai wali dari Gala Sky oleh Pengadilan Agama (PA) Jakarta Barat, Rabu (13/4).

Menanggapi polemik perwalian Gala Sky yang sudah menemukan titik terang, Ketua Komnas Perlindungan Anak (PA) ikut bahagia. Seperti diketahui, Komnas PA sudah lama ikut mengawal kasus ini.

Menurut Arist Merdeka Sirait, lewat kasus ini sudah terjadi hal luar biasa yang belum pernah ada sebelumnya yakni sidang lapangan.

" Sesuatu yang luar biasa. Ini menjadi pelajaran untuk publik, jadi bukan hanya untuk Gala. Karena ini salah satu yang sangat saya apresiasi. Tidak ada pernah ada satu hakim mendatangi Gala ," kata Arist Merdeka Sirait dari video YouTube Intens Investigasi.

" Itu artinya bahasa pidananya itu sidang lapangan. Ini hanya terjadi di Indonesia dan baru sekali ini. Nah itu sangat luar biasa sehingga menarik perhatian publik ," lanjut Arist.

Dalam kesempatan yang sama, Arist menyampaikan rasa hormat kepada Doddy selaku kakek Gala Sky. Pasalnya, Komnas PA ikut turun tangan karena laporan dari Doddy menyebut ada tindak eksploitasi anak.

" Jadi hari ini saya cukup bahagia. Bukan berarti hak perwalian itu hanya jatuh ke Pak Haji Faisal, tapi ini juga bagian dari pelajaran untuk kita semua di masyarakat. Khususnya pada kasus-kasus perwalian dan sebagainya," ujar Arist.

" Karena memang undang-undang perlindungan anak mengatur tentang perwalian itu. Nah, di mana anak itu bahagia itulah penilaiannya. Itulah penilaian Komnas Perlindungan Anak sejak awal ," sambungnya.

Arist berharap agar peristiwa perebutan hak perwalian Gala Sky ini bisa dijadikan pelajaran oleh masyarakat luas. Selain itu, ia juga mengapresiasi PA Jakarta Barat atas upaya adil dalam memutuskan hak perwalian Gala. Arist berharap agar kedua belah pihak keluarga segera berdamai karena masalah hak asuh kini sudah diputuskan.

Topik Menarik