Cegah Bau Mulut! Coba Lakukan Langkah-langkah Ini Agar Mulut Tetap Wangi Saat Puasa Ramadan

Cegah Bau Mulut! Coba Lakukan Langkah-langkah Ini Agar Mulut Tetap Wangi Saat Puasa Ramadan

Gaya Hidup | koran-jakarta.com | Rabu, 13 April 2022 - 18:30
share

Bau mulut adalah permasalahan yang sering terjadi saat berpuasa. Sehingga seseorang akan kurang percaya diri untuk berkomunikasi dengan orang lain. Kondisi ini terjadi karena perut kosong dan mulut yang kering seharian. Makanan yang telah dikonsumsi akan diubah menjadi energi, saat berpuasa tubuh kita akan menggunakan cadangan energi untuk tetap berfungsi.

Melansir dari halodoc , proses pembakaran lemak yang melibatkan keton tersebut yang menyebabkan aroma yang tidak sedap. Aroma inilah yang nantinya akan dikeluarkan oleh tubuh melalui napas. Hal tersebut akan sangat wajar saat kita sedang menjalani puasa.

Selain itu saat puasa, produksi air liur akan berkurang yang menyebabkan mulut kering seharian. Diketahui bahwa air liur berfungsi sebagai mengendalikan napas dengan beberapa konsistensi cairan dan pH. Berfungsi untuk membersihkan partikel makanan, menjaga senyawa belerang di bawah kendali, dan bekerja sebagai agen alami untuk melawan bau mulut.

Maka dari itu akan timbul beberapa permasalahan apabila mulut kering. Semakin mulut kering maka akan semakin tak sedap bau napas. Jangan khawatir melansir dari Okadoc, How to Keep Your Mouth Fresh During Fasting ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga bau mulut agar tetap segar selama puasa, di bawah ini;

1. Rutin Sikat Gigi

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah rutin menyikat gigi. Pastikan menyikat gigi secara menyeluruh setidaknya sehari dua kali. Saat berpuasa kamu dapat menyikat gigi setelah sahur, dan setelah berbuka puasa.

2. Membersihkan Lidah

Lidah menjadi salah satu tempat berkumpulnya bakteri, maka dari itu sangat penting untuk membersihkan lidah. Setidaknya lakukan sehari dua kali, dengan pembersih lidah. Lakukan setalah menggosok gigi.

3. Berkumur Dengan Mouthwash

Selain membersihkan mulut, menggunakan mouthwash akan membuat napas terasa segar sehingga nyaman di mulut. Kamu bisa menggunakan mouthwash yang tidak mengandung alkohol.

4. Gunakan Benang Gigi

Disarankan menggunakan benang gigi untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang mungkin saja masih terselip yang akan memicu pertumbuhan bakteri.

5. Minum Air Putih

Napas bau yang disebabkan oleh mulut kering karena kurangnya cairan selama puasa. Perbanyaklah minum saat sahur dab berbuka. Selain itu meminum banyak air putih akan menjaga tubuh tetap terhidrasi selama puasa.

Topik Menarik